Sunday, January 24, 2021

Kadis Cek Balai Benih Ikan Lokal Tanjungraja Lampung Utara

TANJUNGRAJA (24/1/2021) – Kepala Dinas Perikanan Lampung Utara mengecek UPTD Balai Benih Ikan Lokal (BBIL) Tanjungraja, Sabtu, 23 Januari 2021. Selanjutnya, balai tersebut rencananya akan diubah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) agar menjadi mandiri.

Kepala Dinas Perikanan Lampung Utara,  Sanny Lumi saat meninjau lokasi, mengatakan, saat ini BBIL kondisinya yang kurang maksimal. Sebab kurang suntikan anggaran dari APBD dan tak maksimalnya perencanaan yang matang, menjadi faktor tidak bermanfatnya balai tersebut.

Sanny mengatakan, pihaknya akan mengajukan perubahan status balai beni perikanan menjadi BLUD dengan menggadeng Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Tujuannya, agar nantinya sistem menejemennya pengolaan mandiri, diharapkan lebih maksimal dan efisen. 

Seperti di Provinsi Aceh, yang mengubah balainya menjadi BLUD. Bisa diliat dari masyarakat Desa Sekipi juga, yang membudidayakan ikan air tawar jenis nila dengan keterbatas, bisa berjalan dan bernilai ekonomis. Tidak menutup kemungkinan juga. Desa sekipi, Kecamatan Abung Tinggi menjadi percontohan untuk dikembangkan menjadi tempat Agrowisata dan kawasan agromina.

ADI SUSANTO

0 comments:

Post a Comment