Monday, March 22, 2021

Wakil Presiden ke Pringsewu, Tinjau Bendungan Waysekampung

PRINGSEWU (22/3/2021) - Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Pringsewu. Dia meninjau pembangunan bendungan Waysekampung yang memiliki kapasitas tampung air sebesar 68,06 juta meter kubik.

Wapres didampingi Bupati Sujadi. Waysekampung dibangun di Pekon Bumiratu Kecamatan Pagelaran. Dengan luas genangan 800 hektare, rencananya, bendungan ini akan dimanfaatkan sebagai penyedia air irigasi untuk intensifikasi Daerah Irigasi Sekampung Sistem dengan luas areal sebesar 55,373 hektar, dengan peningkatan intensitas tanam 270 persen dan pengembangan di Rumbia Extension dengan potensi luas 17.334 hektar.

Selain itu, bendungan ini berpotensi pula untuk memenuhi kebutuhan air baku di beberapa daerah. Di antaranya Kota Bandar Lampung, Branti, dan Kota Metro. Kapasitas air diperkirakan sebesar 2.482 liter per detik. Bendungan Way Sekampung yang dibangun sejak 2016 ini juga berpotensi menjadi sumber pembangkit listrik tenaga microhydro (PLTM) dengan daya sebesar 5,4 Megawatt. Bahkan, bendungan ini bisa menjadi destinasi pariwisata di Kabupaten 

ZAINAL

0 comments:

Post a Comment