Senin, 23 Agustus 2021

Enam Ribuan Penduduk Mesuji Eksodus Keluar Daerah

SIMPANG PEMATANG (23/08/2021) – Enam ribuan penduduk Mesuji eksodus keluar daerah selama Januari hingga Juni 2021. Sementara masuknya pendatang hanya dua ribuan jiwa dalam tempo sama. Perpindahan peduduk dengan alasan pekerjaan dan pendidikan.

Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Mesuji mencatat penduduk 231.532 jiwa. Jumlah ini tersebar di tujuh kecamatan dan 105 kelurahan-desa. Perpindahan penduduk Januari-Juni terjadi ketimpangan yaitu lebih 6.000 jiwa keluar daerah dan sekitar 2.000 jiwa mengajukan sebagai penduduk baru.

Kadisdukcapil Mesuji Mursalin, Senin 23 Agustus 2021, mengakui ketimpangan perpindahan penduduk keluar dan masuk. Kebanyakan warga pindah ke daerah lain karena alasan pekerjaan dan pendidikan. Kelompok dewasa mendapatkan pekerjaan di seputar Lampung dan Jawa. Sementara pelajar dan mahasiswa kuliah atau mondok di daerah lain.

Firdaus, warga Rawajitu Utara, mengajukan surat pindah adiknya karena mondok keluar daerah. Proses pelayanan cepat, mudah, dan tidak dipungut biaya.

SULISTIONO

   

0 komentar:

Posting Komentar