Selasa, 21 September 2021

Banjir di Wonosobo, Tanggamus: Ratusan Rumah Terendam

WONOSOBO (21/9/2021) -  Ratusan rumah di Pekon Way Liwok dan Sinar Saudara, Wonosobo, terendam banjir bandang pukul 22.00, malam Selasa, 20 September 2021. Banjir juga terjadi di Lakaran dan Negri Ngarip.

Hingga Selasa Dinihari, warga masih sibuk mengungsi atau menjaga harta bendanya di rumah yang terkena banjir. Ketinggian rendaman mulai dari selutut hingga satu setengah meter, terutama di kampung sawah Sinar Saudara dan Dusun 2 Way Liwok.

Hujan menimpa wilayah tersebut sejak selesai Isya. Dalam empat jam siraman, sejumlah kali dan sungai tak mampu menampung debit. Sejumlah warga menyebut banjir bandang kali ini terbesar di kawasan tersebut dalam 4 tahun terakhir.

Keempat pekon menjadi langganan banjir pada setiap hujan besar. Airnya melimpah ke Jalan Lintas Barat. Hingga Selasa Dinihari hanya kendaraan besar yang bisa lewat. Mobil pribadi kebanyakan memilih istirahat di Kotaagung atau sebelum Wonosobo.

Sahut Mukti, warga sekitar, melihat banjir kali terbesar dalam 10 tahun terakhir di Pekon Way Liwok dan Sinar Saudara. Ia meminta pihak terkait menormalisasi sungai yang membentang di Lintas Barat sebagai penyebab banjir di kawasan itu.

HARDI SUPRAPTO

0 komentar:

Posting Komentar