Sabtu, 18 Desember 2021

Tanggamus: 18 Rumah Terkena Longsor, 1 Pekon Terisolasi

KELUMBAYAN BARAT (17/12/2021) -  Pekon Batu Patah, Kecamatan Kelumbayan Barat, masih terisolasi akibat longsor, hingga malam Sabtu, 17 Desember 2021. Jumlah rumah terdampak bertambah menjadi 18, tiga di antaranya tidak bisa dihuni lagi.

Hujan terus-menerus di daerah sekitar sejak tanggal 15 Desember membuat warga kewalahan menghadapi longsor. Pada malam Sabtu, 17 Desember 2021, pada pukul 20.00 hingga 23.00, hujan kembali mengguyur daerah sekitar.

Longsor terparah terjadi pada Kamis dan Jumat. Warga berjuang hingga malam hari mengevakuasi rumah warga yang rusak berat dan tidak bisa ditempati lagi.

Evakuasi dilakukan pada malam hari karena rumah yang terkena longsor sudah tidak bisa tegak lagi dan  menunggu rubuh jika longsor susulan datang.

Longsor juga menutup jalan kabupaten dan desa, yang mengubungkan Pekon Umbar, Pekon Batu Patah, dan daerah sekitarnya. Hingga Jumat Siang, baru sepeda motor yang bisa menembus kawasan sekitar dan relawan sempat mundur sehari sebelumnya karena tidak masuk lokasi.

Kasi Pemerintahan Pekon Batu Patah Ahmad Tamziz Zuhri, malam Sabtu, mengatakan, rumah warga yang rusak parah terdiri dari milik Parno, Suratmin, dan Roma. Lima belas lainnya rusak ringan dan masih bisa ditempati.

Untuk sementara, Ahmad menyebut warga masih cukup pangan. Mereka kini sedang membutuhkan bantuan material atau uang tunai untuk membantu warga yang kehilangan rumah.

Pamong Pekon Batu Patah itu juga menyebut Bupati Tanggamus sudah mengunjungi lokasi longsor pada Jumat sore dan memberikan bantuan secara simbolis.

DEDI KAPRIYANTO

0 komentar:

Posting Komentar