Kamis, 07 April 2022

Pilkakam Lampung Tengah Pakai Aplikasi e-Voting

GUNUNGSUGIH (07/04/2022) – Lampung Tengah segera menggelar pemilihan kepala kampung serentak 2022. Proses pemilihan tiga kampung dari tiga kecamatan bakal menggunakan aplikasi e-voting. Aplikasi ini diakui lebih cepat, akurat, dan afisien.

Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri sudah melakukan simulasi pemilihan kepala kampung (pilkakam) secara e-voting di Balai Kampung Wates, Kecamatan Bumiratu Nuban, Lampung Tengah, 27 Maret 2022.

Sekda Lampung Tengah Nirlan, Kamis 7 April 2022, menilai penggunaan aplikasi e-voting dalam pemilihan kepala kampung lebih cepat, akurat, dan efisien. Proses penyaluran hak suara dari masuk bilik hingga selesai tidak sampai satu menit. Aplikasi ini bisa menghindarkan kecurangan.

Apliaksi e-voting rencananya digunakan dalam pilkakam serentak tiga kampung yaitu Wates, Kecamatan Bumiratu Nuban, dan dua kampung lainnya di Kecamatan Kalirejo serta Rumbia.

Kepala Kampung Wates Wahyu Bintoro mengakui simulasi pilkakam menggunakan aplikasi e-voting lebih efektif, lebih akurat, dan lebih sedikit kesalahan terutama bagi lansia. Penggunaan metode baru e-voting sebaiknya dibarengi sosialisasi ke seluruh masyarakat.

Sistem pemilihan e-voting digagas sejak 2012 dan diterapkan pada 2013 hingga sekarang. Penerapan sistem ini meliputi 11 provinsi, 17 kabupaten, dan 981 pemilihan kepala desa di seluruh Indonesia.

SIGIT SANTOSO

0 komentar:

Posting Komentar