Pulau Pahawang Lampung Masuk 50 Besar ADWI 2022

MARGA PUNDUH (29/8/2022) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Pulau Pahawang, Marga Punduh, Pesawaran, Minggu 28 Agustus 2022. Kunjungan ini merupakan rangkaian penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

Desa Wisata Pulau Pahawang masuk daftar 50 besar desa wisata terbaik dalam ADWI 2022. Pencapaian ini melalui proses uji standar penilaian tim juri. Penilaian meliputi tujuh kategori antara lain daya tarik pengunjung (alam dan buatan, seni dan budaya), suvenir (kuliner, fesyen, dan kriya), homestay, toilet umum, digital dan kreatif, cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE), dan terakhir kelembagaan desa.

Desa wisata terbaik berhak mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari mitra strategis BCA melalui Desa Mitra Bakti BCA.

Kedatangan Sandiaga Salahuddin Uno disambut warga Pulau Pahawang dengan paddle board. Prosesi penyambutan dengan membasuh kaki menggunakan air kelapa oleh ketua adat. Manparekraf didampingi Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mendapat persembahan tari sambai.

Sandiaga Salahuddin Uno meninjau beberapa produk usaha kecil menengah seperti dodol mangrove khas Pulau Pahawang, stan kerajinan miniatur kapal pinisi, dan pembuatan suvenir alat tangkap ikan.

Rombongan Menparekraf menuju galeri souvenir, produk UMKM Desa Wisata Pahawang, dan pengelolaan digital kreatif desa. Menteri Sandiaga Salahuddin Uno menandatangani prasasti, pemberian plakat, sertifikat, dan goodie bag secara simbolis. Ada juga prosesi penyerahan secara simbolis beasiswa dari Nusadaya Academy kepada perwakilan penerima beasiswa.

Sambutan Menparekraf mengatakan program desa wisata Kemenparekraf pada tahun lalu mendapatkan predikat Pandemic Winner. Karena jumlah kunjungan wisata meningkat 30 persen berdasarkan big data Kemenparekraf. 

Oleh karena itu Kemenparekraf mengajak sektor dunia usaha dan swasta mengembangkan destinasi desa wisata dan produk ekonomi kreatif. Sandiaga Salahuddin Uno berharap Pulau Pahawang menjadi destinasi desa wisata berkelas dunia.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengapresiasi kedatangan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno ke Pulau Pahawang. Kunjungan ini memiliki banyak makna dan memotivasi masyarakat Pesawaran. Masukan, saran, dan perhatian Menparekraf bakal menjadi tonggak kemajuan Pulau Pahawang pasca pandemi covid-19. Pulau Pahawang siap menjadi destinasi unggulan dan mendorong kesejahteraan masyarakat.

Desa Wisata Pulau Pahawang mewarisi seni dan budaya tari siger pengunten. Ini merupakan tarian penyambutan khas Lampung terhadap tamu kehormatan. Ada juga wisata kuliner berburu dodol mangrove, cake mangrove, keripik mangrove, seruit sotong, fresh singgulan (bulu babi) dan banyak sajian istimewa.

JUHARSA ISKANDAR

0 comments:

Posting Komentar