Candipuro Lampung Selatan Masih Banjir, Ternak Diungsikan

CANDIPURO (27/10/2022) -  Banjir di Lampung Selatan belum surut hingga malam Jumat, 27 Oktober 2022.  Petugas gabungan dari Polres, Basarnas,, BPBD, Polariud, dan Kodim setempat masih mengevakuasi ratusan warga di Kecamatan Candipuro. Banjir di kawasan itu belum surut, tidak seperti di Kecamatan Sidomulyo dan Katibung.

Khawatir banjir susulan, petugas tidak hanya mengevakuasi warga, tetapi juga hewan ternak, persediaan beras, dari daerah-daerah yang terdekat dengan sungai. 

Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin, malam Jumat, 27 Oktober 2022, mengatakan ketinggian air di Candipuro masih ada yang tiga meter. Sedangkan di Sidomulyo dan Katibung sudah di bawah satu meter.

AKBP Edwin mengatakan beberapa wilayah di Candipuro tidak hanya banjir. Sejumlah jalan masih tertutup hingga malam Jumat, hingga sejumlah daerah terisolasi, seperti Desa Beringin, yang berpenduduk ratusan kepala keluarga.

Bersama instansi lain, Polres Lampung Selatan memutuskan mendirikan tempat pengungsian di Candipuro.  Setidaknya 200 warga sudah berada di posko, dan jumlahnya diperkirakan masih terus bertambah.

Kapolres juga menyebut menurunkan ratusan personalnya ke lokasi untuk mengevakuasi warga ke tempat-tempat yang dimungkinkan aman dari banjir.

Khusus Sidomulyo dan Katibung yang mulai surut, Kapolres mengajak seluruh pihak dan warga membersihkan gotong royong mulai Jumat, 28 Oktober, karena merupakan salah satu penyebab banjir.

GELLY

0 comments:

Posting Komentar