Harimau Sasar Kambing Warga Padangcahya, Lampung Barat

BALIKBUKIT (3/11/2022) – Seekor harimau Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) diduga berkeliaran dan memangsa kambing di Cecahan Pemangku Wayhandak, Pekon Padangcahya, Kecamatan Balikbukit, Lampung Barat, Senin 31 Oktober 2022 pukul 20.00 WIB.

Lokasi kandang kambing dengan kawasan hutan lindung hanya setengah kilometer. Pengecekan petugas Resort TNBBS menemukan jejak kaki harimau terduga pemangsa kambing. Harimau memangsa seekor kambing milik pasangan Yolanda dan Jamidi dengan cara menjebol kandang.

Yolanda mendengar kambingnya mengembik tidak wajar selepas sholat isya. Suara aneh tersebut diikuti bunyi gedebug seperti kayu jatuh. Pemilik membuka jendela ke arah kandang kambing dan melihat seekor kambing terseret ke semak-semak.

Suaminya, Jamidi, penasaran dan bergegas memeriksa kandang. Satu dari lima ternak kambing paling besar hilang. Sisa empat ekor diungsikan ke Pekon Tanjungraya, Kecamatan Sukau. Sampai tengah perjalanan justru satu ekor kambing lagi mati tanpa diketahui penyebabnya.

Kepala Resort TNBBS Riga Dewangga mengetahui dugaan harimau masuk permukiman dan memangsa ternak kambing berdasarkan laporan masyarakat, Selasa 1 November 2022. Pengecekan kandang kambing menemukan jejak kaki harimau dan bercak darah kambing menempel dedaunan.

Riga Dewangsa segera berkoordinasi dengan Peratin guna mengimbau warga sekitar lokasi berhati-hati dan dilarang beraktivitas menjelang malam. Lokasi ini merupakan perkebunan kopi dengan jarak hanya setengah kilometer dari hutan lindung.

Petugas Resort TNBBS melakukan pemantauan dan blokade lokasi serangan harimau dengan menyalakan api unggun, Keesokan harinya kembali menemukan jejak kaki harimau sepanjang 12 sentimeter mengarah kawasan hutan. Ukuran ini sama dengan jejak kaki di dekat kandang kambing.

LILIANA PARAMITA

0 comments:

Posting Komentar