Layanan Penyeberangan Merak - Bakauheni Kembali Normal

BAKAUHENI (23/12/2022) -  Pelayanan penyeberangan Selat Sunda dari Pelabuhan Merak atau Bakauheni kembali normal sejak Jumat Pagi, 23 Desember 2022, setelah pada malam harinya, sempat ditutup enam jam, dari pukul 19.00 hingga 02.00 dinihari karena cuaca buruk.

Buruknya cuaca dan penutupan Pelabuhan Bakauheni – Merak membuat Direktorat Jenderal Hubungan Darat mengecek situasi terakhir pada Jumat Siang. Rombongan dipimpin Dirjen Hubdat Joe Derisman.

Usai bertemu dengan General Manajer PT ASDP Suharto, Dirjen mengatakan berbagai pihak sepakat terus menggalang koordinasi dengan BMKG soal cuaca. Jika terjadi penumpukan akibat penutupan pelabuhan, ia meminta kendaraan ditampung di kantong-kantong parkir di rest area Jalan Tol Trans Sumatera.

General Manajer PT ASDP Bakauheni, Suharto, mengatakan, Balai Pengelola Transportasi Darat atau BPTD mengizinkan kapal roro melayani penyeberangan Selat Sunda, setelah memastikan cuaca kembali normal.

Suharto melihat jumlah warga yang menyeberang pada Liburan Natal dan Tahun baru tidak terlalu melonjak. Dari data selama 6 hari terakhir, puncak arus mudik dari Merak  sudah terjadi pada Rabu, 21 Desember, dengan 41.862 penumpang dan 9.365 kendaraan. Sedangkan dari Bakauheni pada 18 Desember 2022, dengan 41.065 penumpang dan 9.531 kendaraan.

Cuaca buruk dan sempat tutupnya pelabuhan pada malam Jumat, 22 Desember 2022, sempat membuat khawatir calon penumpang dari Merak atau Bakauheni. 

Afrezo, seorang pengendara mobil, mengatakan ia sempat ragu untuk berangkat dari Lampung ke Jakarta. Namun setelah melihat penjualan tiket dibuka, ia memberanikan diri menuju Pelabuhan Bakauheni.

ROY SHANDI

0 comments:

Posting Komentar