Viral, Angin Puting Beliung Lewati Palas, Lampung Selatan

PALAS (23/12/2022) -  Video angin puting beliung lewat di areal persawahan di Desa Pulau Tengah dan Pulau Jaya, Kecamatan Palas, Lampung Selatan, viral dalam sehari terakhir. Lewat seperti tornado, fenomena alam tersebut membuat warga ketakutan.

Dalam rekaman video yang diunggah, terdengar ada yang warga yang menyoraki puting beliung agar berhenti atau tidak lewat di permukiman mereka. Ada juga yang bingung kenapa angin harus disoraki.

Angin puting beliung yang datang pada pukul 15.00, Kamis, 22 Desember 2022, juga sempat melewati permukiman warga, mengakibatkan dua rumah rusak dan sejumlah pohon tumbang. Para penghuni mengungsi ke tetangga karena trauma.

Suyono, salah seorang warga yang rumahnya rusak, mengatakan ia melihat sendiri angin puting beliung membawa serta atap dan genteng rumahnya. Ia menaksir kerugiannya cuma 1,2 juta rupiah, tetapi tidak sebanding dengan trauma saat angin berputar di sekitar tempat tinggalnya.

Kapolsek Palas AKP Andi Yunara, dalam laporannya ke Kapolres Lampung Selatan, membenarkan bencana puting beliung terjadi RT 01 RW 01 Desa Pulau Tengah.

AKP Andi melaporkan puting belung datang disertai hujan. Datang dari arah persawahan warga di Dusun Serdang, menyapu rumah Suyono di Desa Pulau Tengah, atap kelas dan tempat parkir Madrasah Ibtidaiyah Guppi 13 di Desa Pulau Jaya.

Warga, TNI, dan petugas Polsek Palas, Jumat, 23 Desember 2022, bergotong royong memperbaiki dua rumah dan satu madrasah yang rusak, dengan mengganti genteng atau asbes yang berhamburan.

ROY SHANDI

0 comments:

Posting Komentar