Tuesday, December 3, 2019

Di Pesawaran, Orang Miskin Bayar Berobat di Puskesmas

GEDONGTATAAN (3/12/2019) – Di tengah beragam bantuan dari Pemerintah Pusat dan Daerah, masih ada saja warga yang tebang pilih dalam memperoleh PKH, KISS, KIP, atau BPJS gratis di Kabupaten Pesawaran.

Helmi Yati, warga Sukaraja, Gedongtataan, Pesawaran, salah satu contoh.  Janda beranak dua itu terpaksa dibantu warga saat berobat di Puskesmas terdekat. Ia tidak pernah memperoleh bantuan apa pun dari Pemerintah.

Sri, tetangga Helmi Yati, mengatakan, di daerahnya, yang memperoleh bantuan justeru yang mereka nilai kaya dan mampu atau rumahnya berlantai keramik, tidak seperti Helmi Yati, yang berbangunan geribik dan beralas tanah.

Buruh cuci itu mengaku pernah ditawari bantuan oleh petugas pada Tahun 2018, tetapi sampai saat ini hanya janji. Ia juga mengakui anaknya pernah dibantu uang sekolah saat kelas 3 SD, namun setelah itu tidak ada lagi.

Ketika ditanya kenapa tidak protes kepada Pemerintah, wanita berusia 40-an itu mengatakan ia memilih pasrah. Meski setelah sakit, tidak lagi menjadi buruh cuci, dan hidup sering dibantu tetangga.

IWANSYAH

0 comments:

Post a Comment