Banyak Pungutan, Siswa SMKN3 Bandarlampung Unjuk Rasa

BANDARLAMPUNG (26/9/2019) – Siswa dan guru SMK Negeri 3 Bandarlampung unjuk rasa di sekolahnya, Kamis 26 September 2019. Mereka menuntut kepala sekolah diganti karena menilai tidak becus mengurus lembaga pendidikan tersebut.

Dalam orasi, spanduk, kertas selebaran, dan dialog dengan perwakilan Dinas Pendidikan, para siswa mengeluhkan tingginya uang sekolah untuk jurusan tertentu. Mereka juga dibebani uang pembangunan, komite, dan praktek.

Fasilitas praktek di SMKN 3 juga mereka sebut banyak yang rusak. Ketika ada siswa yang membawa alat dari rumah, kepala sekolah melarangnya dengan alasan bolos listrik. Material  praktek, seperti kosmetik, kedaluarsa.

Para siswa dan guru mengharapkan transparasi dana BOS dan Bosda. Meminta  sekolah menghentikan pungutan liar. Tersedianya  fasilitas kebersihan, terutama air,  untuk MCK dan shalat.

Kepala SMK Negeri 3 Bandarlampung Suniyar mengatakan keluhan utama para siswa umumnya soal praktek, yang seharusnya dimulai September. Ia mengaku baru 2 tahun memimpin lembaga pendidikan itu, tidak bisa membenahi seluruh hal, karena semuanya memerlukan uang.

JUHARSA ISKANDAR

0 comments:

Posting Komentar