Friday, March 12, 2021

Protes Jalan Rusak, Warga Lampung Utara Mandi Lumpur

KOTABUMI (12/3/2021) – Warga Desa Kalicinta, Kecamatan Kotabumi Utara, Lampung Utara, rela mandi lumpur sebagai protes kerusakan jalan. Jalur ini pun segera dipasang portal karena protes melalui penanaman pisang pun tidak digubris.

Tingkah laku unik warga Kalicinta tersebut merupakan ekspresi kegeraman. Jalan kabupaten ruas Dusun Bernah, Desa Mulangmaya, Kotabumi Selatan hingga Desa Kalicinta rusak parah selama bertahun-tahun. Jalanan hancur akibat lalu-lalang armada truk perusahaan dengan tonase berlebihan.

Badan jalan hancur dan amblas hingga menyisakan kubangan dan lumpur. Jalur ini tidak bisa dilewati kendaraan umum. Warga bukan hanya kesulitan mengangkut hasil panen, namun juga tidak bisa membawa orang sakit berobat ke rumah sakit.

Protes dengan cara mandi lumpur, tanam pisang hingga pemasangan portal merupakan sindiran kepada Pemkab lampung Utara dan perusahaan pengolah singkong maupun sawit. Pemkab dianggap mengabaikan aspirasi warga. Sementara perusahaan tak kunjung merealisasikan CSR dalam bentuk perbaikan jalan.

Aparat kepolisan, TNI, dan camat Kotabumi Utara Doni Ferwari meredam aksi masyarakat dengan menjanjikan mediasi dengan para pemangku kepentingan.

ADI SUSANTO

0 comments:

Post a Comment