Kamis, 22 Juli 2021

Baru 1 Tahun, Pamsimas Lumbirejo Pesawaran Sudah Rusak

NEGERI KATON (21/7/2021) – Baru dibangun setahun, Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, Pamsimas, sudah rusak di Dusun 1 Lumbirejo, Negeri Katon, Pesawaran. Warga bahkan sudah urunan membeli pompa baru, belum 2 bulan, rusak lagi.

Lumbirejo terkenal rawan air. Kedalaman sumur di sana minimal belasan meter. Warga umumnya berpendapatan rendah untuk membeli pompa, terutama membelanjai listriknya setiap bulan.

Martolyo, warga setempat, menyebut ia kecewa atas tidak berfungsinya pamsimas itu, padahal baru diresmikan akhir Tahun 2019. Turinah, warga lain, mengaku mereka dikenakan biaya Rp20 ribu setiap bulan untuk biaya listrik.

Darmi, juga warga Dusun 1 Lumbirejo, menyebut ia kini sering meminta kepada tetangga karena tidak mampu membuat sumur sendiri. Karena keseringan, ia juga sering membeli air bersih untuk masak.

Ketua RT 01 Partun Wijaya mengatakan kesalahan utama pembangunan pamsimas di sana salah memilih mata air. Setelah dibangun setahun, pompa rusak. Desa meminta mereka urunan membeli pompa sekitar Rp4 juta. Namun, belum 2 bulan rusak lagi karena karatan.

Partun menyebut proyek pamsimas di sana berasal dari Dana Desa. Sebagai Ketua RT, ia mengaku sudah angkat tangan jika memaksa warga urunan lagi membeli pompa, apalagi membuat sumur baru dengan mata air yang benar.

MUSPIYAN AGUNG

0 komentar:

Posting Komentar