Kamis, 30 September 2021

Peratin Terpilih di Pesisir Barat Kecewa Tidak Dilantik

KRUI (30/9/2021) –  Peratin terpilih Pekon Pardahaga, Kecamatan Lemong, Kabupaten Pesisir Barat, memendam kekecewaqan karena tidak dilantik. Padahal, ia memenangkan pemilihan secara serentak bersama lima calon peratin lainnya pada 29 Juli 2021.

Enam pekon dari tiga kecamatan telah menggelar pemilihan pertain. Lima pertain terpilih telah dilantik oleh Bupati Agus Istiqlal pada Rabu 22 September masing-masing Edwarlin Z (Peratin Baturaja), Herdiawansyah (Pasar Pulau Pisang), Markoni (Sukadana), Riko Welianwar (Sukamarga), dan Rizoni Aryen (Balam).

Rodi, peratin terpilih Pekon Pardahaga, Kecamatan Lemong, ternyata tidak dilantik. Ia begitu kecewa karena instansi terkait tidak memberitahu alasan dirinya tidak dilantik. Pelantikan bisa jadi ditunda tetapi jadwalnya tidak jelas. Para pendukungnya turut kecewa dan menanyakan jadwal pelantikan tersebut.

Sepengetahuan Rodi, tiga calon sudah mengikuti seluruh prosedur dan proses pemilihan termasuk pengesahan daftar pemilih tetap (DPT). Peratin terpilih tidak tahu-menahu jika kemudian muncul pengaduan atau gugatan soal DPT mengingat sebelumnya sudah disahkan.

Pelaksana Kepala Dinas Pemberdayaan Pekon Pesisir Barat Edwin Kastolani, Kamis 30 September 2021, mengatakan pemilihan pekon Pardahaga bermasalah karena adanya gugatan soal DPT. Permasalahan ini sedang dikoordinasikan dengan Pemprov Lampung dan pusat.

Hasil koordinasi bakal merekomendasikan peratin terpilih kemungkinan tetap dilantik atau bisa juga pemilihan ulang.

YUAN ANDESTA

0 komentar:

Posting Komentar