pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Truk Singkong Terperosok di Jalan Bangunsari Pesawaran

NEGERIKATON (9/7/2024) – Truk Colt Diesel bermuatan singkong terperosok di jalan kabupaten perbatasan Pesawaran-Pringsewu, Selasa 9 Juli 2024. Kecelakaan ini akibat kendaraan nekat menerobos gorong-gorong ambrol.

Truk Colt Diesel kuning dengan plat nomor polisi BE 8553 JM dikemudikan Reyhan mengangkut tujuh ton singkong menuju pabrik. Sampai perbatasan Desa Bangunsari, Kecamatan Negeri Katon, Pesawaran—Pekon Tunggul Pawenang, Kecamatan Adiluwih, Pringsewu, truk terjeblos.

Sopir Reyhan mengetahui gorong-gorong jalan ambrol. Namun, banyak kendaraan termasuk angkutan singkong sekelas truk Colt Diesel memaksa lewat. Reyhan ikut-ikutan nekat menerobos dengan memasang papan penguat di atas gorong-gorong ambrol.

Truk bermuatan tujuh ton singkong rupanya terlalu berat sehingga gorong-gorong dengan penutup batang kelapa dan papan itu kembali ambrol. Insiden ini mengakibatkan truk miring dan rawan terguling. Arus lalu-lintas terpaksa berputar mencari jalan alternatif.

Proses evakuasi truk terperosok mengharuskan pembongkaran muatan. Proses ini butuh waktu lama karena pemindahan tujuh ton singkong menggunakan mobil pikap perlu bolak-balik.

Pengendara motor mengatakan gorong-gorong jalan kabupaten tersebut rusak sejak dua tahun lalu. Warga setempat swadaya menutup gorong-gorong ambrol dengan susunan batang kelapa. Perbaikan darurat tidak ditindaklanjuti dengan perbaikan permanen hingga batang kelapa lapuk dan ambrol lagi.

Sebelum terperosoknya truk singkong, insiden serupa dialami angkutan lain. Kejadian itu disusul motor terjungkal karena tidak berhati-hati. Kerusakan jalan atau gorong-gorong sudah dilaporkan ke Pemkab Pesawaran tetapi hingga kini belum ada perbaikan.

PIYAN AGUNG
Posting Komentar

Posting Komentar

-->