Jumat, 01 April 2022

Anggota DPRD Lampung Barat Shock Dikepung 18 Gajah

BANDAR NEGERI SUOH (31/3/2022) -  Setelah berbulan-bulan ikut menghalau gajah kembali ke hutan, anggota DPRD Lampung Barat Sugeng Hari Kinaryo panik dan shock, Kamis, 31 Maret 2022, karena dikepung belasan hewan itu saat ia memantau dari sebuah pohon.

Kedelapan belas gajah persis berada di bawah anggota DPRD dari dapil Suoh tersebut. Tajamnya penciuman mereka membuat sebagian berlama-lama di sana.

Sugeng Hari Kinaryo sudah berbulan-bulan ikut membantu masyarakat menghalau gajah. Pada Kamis, 31 Maret 2022, kawanan hewan tersebut merusak perkebunan warga di Pekon Gunungratu, Bandar Negeri Suoh, Lampung Barat.

Para petugas dan relawan berusaha mengusir gajah dengan berada di atas pohon. Mereka baru berani turun setelah kawanan gajah pergi dan sudah melahap habis tanaman yang ada di sana, terutama pisang.

Anggota DPRD Lampung Barat itu mengatakan, dalam dua hari terakhir, kedelapan belas ekor gajah juga mulai masuk Danau Asam Suoh mulai Rabu, 30 Oktober 2022. Diduga karena kerasan, mereka bertahan di sana hingga besok harinya.

Kawasan gajah masuk ke Danau Asam Suoh diduga karena sudah lama tidak mandi. Kotoran di tubuh mereka langsung membuat air sekitar berubah menjadi cokelat.

Sugeng memantau pada pada Kamis 31 Maret 2022 saja, kawanan gajah dua kali mandi di sana, seperti tidak ingin kembali ke hutan.

Wakil Rakyat dari Dapil kawasan sekitar mengatakan persoalan gajah keluar dari hutan dan menganggu permukiman dan perkebunan warga belum dapat diatasi. Hewan itu, bahkan, kini tidak takut lagi dengan petasan.

Ia menyarankan Pemerintah memasok kembang api lagi kepada petugas, karena cara tersebut efektif untuk mendorong kawanan gajah kembali ke hutan.

Sugeng juga melihat warga mulai kebingungan karena pada saat ini mulai panen padi dan kopi. Mereka ingin memetik hasil, tetapi ketakutan disergap kawanan gajah.

LILIANA PARAMITA

0 komentar:

Posting Komentar