Jumat, 05 Agustus 2022

Wayang Lampung Iringi Pelantikan Pepadi Lampung Tengah

GUNUNGSUGIH (4/8/2022) - Wayang kulit sekelik sedulur berbahasa Lampung mewarnai pengukuhan pengurus Persatuan Pedalangan Indonesia atau Pepadi Lampung Tengah di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Gunung Sugih, Malam Jumat, 4 Agustus 2022.

Dengan dalang Supriyanto dari Yukum Jaya, Terbanggi Besar, wayang sekelik sedulur berbahasa Lampung baru pertama kali digelar. Tampil juga di sana dalang putri kecil, yang juga menarik perhatian para undangan.

Dengan diiringi tabuhan gamelan, Ketua Pepadi Provinsi Lampung Sariman  melantik Bupati Musa Ahmad sebagai pembina Pepadi Lampung Tengah dan Ketua DPRD Sumarsono sebagai ketua tingkat kabupaten.

Ketua Pepadi Lampung Tengah yang baru, Sumarsono optimis wayang masih digemari di kabupaten tersebut, apalagi setelah hampir dua tahun tidak digelar karena pandemi covid-19.

Bupati Musa Ahmad mengharapkan pengurus yang baru bisa menciptakan kreasi-kreasi baru wayang agar tidak hanya digemari orang tua, tetapi juga generasi muda, hingga budaya Indonesia tersebut terus berkesinambungan.

SIGIT SANTOSO

0 komentar:

Posting Komentar