Kerusakan Jalan Wisata Barat Tanggamus Semakin Parah

BULOK (26/2/2023) -  Setidaknya 8 kilometer Jalan Pariwisata Tanggamus, yang menghubungkan Pringsewu, Bulok, Limau, Cukuh Balak, dan Kotaagung, kini rusak parah. Aspal sudah lama mengelupas, menyulitkan pengendara roda empat menanjak dan menurun.

Nyaris setiap hari pengendara roda empat, terutama mobil boks pengangkut hasil pertanian, tidak berhasil menanjak. Pengemudinya harus berulangkali mundur untuk mencari celah jalan agar tidak terpeleset di tanjakan.

Hujan juga terus menggerus aspal dan bebatuan jalan, yang membuat pengemudi harus berhati-hati memilih jalan. Selain licin, bebatuan di sana tajam, kerap membuat ban kempes.

Di banyak titik, kubangan terus melebar. Ada yang sudah memenuhi seluruh bagian jalan. Ada juga yang sambung-menyambung, hingga sulit bagi pengendara motor memilih jalan yang bagus.

Saat hujan turun, seluruh kubangan rata dengan air. Seringkali pengemudi mobil dan pengendara sepeda motor yang tidak hafal kerusakan jalan terjebak di sana.

Herlan Adianto, anggota DPRD Tanggamus, Sabtu, 25 Februari 2023, mengatakan jalan pariwisata tersebut milik Pemerintah Provinsi.

Wakil rakyat itu mendengar sudah ada rencana perbaikan jalan dari Simpang Kuripan hingga Cukuhbalak. Jika hal itu benar, akan membuat petani lebih mudah mengeluarkan hasil pertanian dan pariwisata di kawasan sekitar meningkat.

MAULANA AS

0 comments:

Posting Komentar