Pawai Budaya Serentak di Seluruh Kecamatan Tanggamus

TALANGPADANG (16/3/2023) -  Hari Jadi ke-26 Kabupaten Tanggamus dirayakan dengan pawai budaya di seluruh kecamatan, Kamis, 16 Maret 2023. Khusus di Talang Padang dan Gunung Alip, langsung dihadiri oleh Bupati Hajah Dewi Handajani, sementara di daerah lainnya, dipimpin camat masing-masing.

Pawai budaya di Talangpadang berlangsung meriah. Selain karena diikuti 32 kelompok pelajar dari TK, SD, SMP, SMA, PAUD, dan wakil warga Pekon, tergelar adat sejumlah daerah, mulai dari Lampung, Minang, Medan, Jawa, Sunda, dan Palembang.

Pawai Budaya di Talangpadang dilepas Bupati Hajjah Dewi Handajani. Ia menyebut perayaan serentak juga dilakukan di seluruh kecamatan, selain tetap akan menyelenggarakan kegiatan lain, seperti Tanggamus Expo.

Selesai pawai budaya, Bupati Tanggamus juga didaulat untuk bernyanyi. Dari awalnya di panggung, orang nomor satu Tanggamus itu berbaur dengan warga ke bawah.

Dari Talang padang, Bupati Tanggamus bergerak ke Gunung Alip. Pawai di sini diikuti setidaknya 800 peserta.  

Bupati juga menyambangi kegiatan selongsong aparat Pekon di Kecamatan Gunung Alip. Dewi Handajani menyumbang 2 juta rupiah untuk pembuatan film pendek “ASN Main Hati”.

Camat Gunung Alip M. Ilham Nurmai mengatakan film pendek soal kisah nyata pegawai kecamatan yang mencintai yatim piatu. Ia menyisihkan gajinya setiap bulan untuk mereka.

Di Cukuh balak, pawai budaya dipusatkan di Lapangan Hijau Cukuh Balak, diikuti pelajar dari tingkat PAUD, SD, dan SMP. Mereka berjalan kaki setengah kilo, dengan pakaian adat Lampung dan sejumlah daerah lain di Indonesia.

Pawai budaya dibuka oleh Camat Cukuh Balak Yusep. Ia didampingi Kapolsek Ipda Adi Setiawan, dan Danposramil.

AFNAN HERMAWAN DAN YUNADA YAMIN

0 comments:

Posting Komentar