Puluhan Ribu Ekor Sapi di Lampung Utara Divaksin PMK

ABUNG SELATAN (3/3/2023) – Sebanyak 29.000 ekor sapi di Lampung Utara mendapatkan vaksinasi penyakit kuku dan mulut (PMK) serta suntik vitamin massal mulai Jumat 3 Maret 2023. Vaksinasi ini bertujuan meningkatkan kesehatan dan kekebalan sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Vaksinasi PMK merupakan program nasional untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan PMK. Populasi sapi diharapkan memiliki kekebalan, mencegah ternak sakit maupun penularan antar hewan ternak.

Dinas Pertanian dan Peternakan Lampung Utara melaksanakan vaksinasi PMK secara simbolis di Desa Kemalo Abung, Abung Selatan. Acara dihadiri Wakil Bupati Ardian Saputra bersama OPD dan Forkopimcam.

Penyebab penyakit mulut dan kuku adalah virus bersifat merusak jaringan sel hewan berkuku genap. Penyakit ini bisa menyerang ternak sapi, kerbau, domba, dan kambing. Serangan PMK berisiko tinggi terhadap ternak berusia muda.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Lampung Utara Tomy Suciadi mengatakan vaksinasi hari ini merupakan kegiatan rutin pemeriksan kesehatan ternak sapi di Desa Kemalo Abung. Desa ini tergolong kantong populasi sapi di Kecamatam Abung Selatan. Vaksinasi hari ini ditargetkan 150 sampai 200 ekor sapi.

Sebanyak 10 tim berkeliling dari rumah ke rumah pemilik sapi dengan target 29.000 ekor tuntas divaksinasi tahun ini. Pemberian suntikan vitamin dan PMK gratis.

ADI SUSANTO

0 comments:

Posting Komentar