Si Jamin: Agar Data Warga Miskin Lampung Utara Terjamin

KOTABUMI (2/8/2022) -  Dengan harapan menuju transparansi dan akuntabel kepada masyarakat, Wakil Bupati Kabupaten Lampung Utara, Ardian Saputra, memaparkan Program Identifikasi dan Jemput Data Masyarakat Miskin (Sijamin), di aula Dinas Pertanian dan Peternakan, Selasa 2 Agustus 2022.

Program Si Jamin merupakan aplikasi yang akan diaplikasikan oleh para tenaga pengelola bantuan sosial dari Pemerintah antaranya, anggota Program Keluarga Harapan  atau PKH, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan  atau TKSK dan beberapa petugas terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut hadir Wakil Bupati Ardian Saputra, Kepala Dinas Sosial, Eka Darma Tohir, Kepala BKSDM, Hairul Fadila, Koordinator TKSK, Zarkasi dan Koordinator PKH, Alexander.

Kepala Dinas Sosial Lampung Utara, Eka Darma Tohir, mengaku Proyek Perubahan Program Si Jamin sosialisasi, identifikasi dan jemput data masyarakat miskin ini dalam rangka mengoptimalisasi data masyarakat penerima bantuan sosial.

Tujuannya untuk menuju pelayanan publik yang transparan dan akuntabel, dalam memvalidasi data masyarakat prasejahtera baik yang sudah maupun yang belum menerima bantuan.

Untuk data yang terdaftar di TKSK di 23 Kecamatan se - Lampung Utara ada 64 ribu kepala keluarga (KK) yang menerima bantuan program berupa sembako.

Di mana dengan adanya sosialisasi program Si Jamin ini pihaknya Pendamping PKH dapat mendata masyarakat yang belum tercover untuk mendapat bantuan.

Wakil Bupati Lampung Utara Ardian Saputra mengatakan Program Si Jamin merupakan program aplikasi data yang bekerjasama antara Dinas Sosial, BKPSDM dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Data tersebut nantinya akan digunakan untuk mempermudah koordinator Program Keluarga Harapan atau PKH  dan koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan  atau TKSK untuk mendata seluruh masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan dari dinas sosial.

Banyak masyarakat mengalami kendala, karena banyak masyarakat yang tergolong mampu namun masih mendapat bantuan. Jadi dengan adanya program Si Jamin ini data yang ada akan kita ulang kembali agar tidak salah sasaran.

ADI SUSANTO

0 comments:

Posting Komentar