DPR RI Pertanyakan Luas HGU dan Pembakaran di Sugar Grup

JAKARTA (6/2/2023) -  Anggota DPR RI Dapil Lampung II Riswan Tony mempertanyakan luas lahan sejumlah perkebunan di bawah PT Sugar Grup dan cara perusahaan yang masih membakar batang tebu, sehingga menganggu perkampungan sekitarnya.

Dalam rapat dengar pendapat dengan Menteri ATR dan BPN, Senin, 6 Februari 2023,   Politisi asal Golkar tersebut meminta luas perkebunan di bawah  PT Sugar Grup perlu diukur ulang agar tidak merugikan negara. Ia memperkirakan setidaknya 130 hektare tidak terdata.

Politisi asal Golkar itu juga meminta Menteri dan jajarannya mengatasi tumpang tindih kepemilikan lahan yang saat ini diklaim PT Astra Ksetra, karena berani menguasai lahan kampung, yang jauh lebih lama berdiri.

Riswan Tony melihat,  hingga saat ini, BPN masih sangat tertutup. Jika sebuah persoalan ditanya ke Kanwil, jawaban yang muncul selalu melempar ke Pusat. Saat ditanya ke Pusat, petugas menyebut data ada di Kanwil.

Warga asal Tulangbawang itu juga mempertanyakan alih fungsi jenis tanaman di PT BNIL, yang membuat lingkungan di sana lebih panas.

ASRORI

0 comments:

Posting Komentar