Sabtu, 05 Maret 2022

Harga Daging Sapi di Kotabumi Naik Jelang Ramadhan

KOTABUMI (05/03/2022) – Harga daging sapi di pasar tradisional Kotabumi, Lampung Utara, naik menjadi Rp130 ribu per kilogram, Sabtu 5 Maret 2022. Kenaikan ini terdorong momentum menjelang Ramadhan 1443 Hijriah. Sementara harga cabai dan bawang justru turun.

Pantauan harga daging sapi di Pasar Sentral dan Pasar Dekon Kotabumi naik dari Rp120 ribu menjadi Rp130 ribu per kilogram. Kenaikan sekitar delapan persen ini terpantau sejak setengah bulan lalu dan tidak sampai menimbulkan gejolak pasar.

Pedagang daging Pasar Sentral Kotabumi, Edi, membenarkan kenaikan harga daging sapi mengikuti harga sapi hidup dari Rp43 juta menjadi Rp53 juta. Kenaikan ini terdorong momentum jelang Ramadhan dengan konsumsi daging bertambah tinggi. Biaya produksi sapi terutama harga pakan sudah naik lebih dahulu.

Pantauan harga cabai justru menurun menjelang Ramadhan. Cabai rawit turun dari Rp35 ribu menjadi Rp30 ribu dan cabai merah semula Rp38 ribu menjadi Rp35 ribu. Sementara harga bawang merah maupun bawang putih stabil karena stok terjaga dan distribusi lancar.

ADI SUSANTO

0 komentar:

Posting Komentar