Rabu, 24 November 2021

Hiu Tutul Terperangkap Jaring Nelayan Bandarlampung

BANDARLAMPUNG (24/11/2021) – Dua ekor  hiu tutul terperangkap jaring nelayan payang di pesisir Sukaraja, Kecamatan Bumiwaras, Bandarlampung, Rabu 24 November 2021. Satwa dilindungi tersebut bisa dilepaskan kembali dengan susah-payah.

Hiu tutul dikenal sebagai ikan sekandar. Ikan ini suka berburu makanan di seputar Teluk Lampung. Belasan hiu tutul terperangkap jaring nelayan atau terdampar di pesisir Sukaraja. Dua hari terakhir, tiga hiu terjaring tidak sengaja.

Seekor hiu tutul terperangkap Rabu pagi pukul 08.30 WIB dengan panjang sekitar delapan meter dan siang hari pukul 11.00 WIB mengalami nasib sama. Sehari sebelumnya, jenis ikan sama dengan panjang 10 meter dan berat satu ton turut terjaring.

Nelayan payang Sukaraja, Arifin, dan Ketua RT 09 Sukaraja Maryudi, memastikan semua hiu tutul dilepas kembali tanpa cidera apapun. Proses pelepasan hiu dari jaring butuh perjuangan keras. Jaring sampai rusak karena berat dan panjangnya ikan raksasa tersebut.

Jenis ikan sama juga terdampar di Pekon Penggawa Lima Ilir, Way Krui, Pesisir Barat, Kamis 18 November 2021. Hiu tutul ini tersangkut pukek atau alat tangkap ikan tradisional.

DEDI KAPRIYANTO

0 komentar:

Posting Komentar