Senin, 20 Desember 2021

Tanggamus: Harga Cabai Naik, Makan Tak Keringatan Lagi

WONOSOBO (19/12/2021) -  Menjelang Liburan Natal dan Tahun Baru, harga beberapa kebutuhan pokok dan sayur naik hingga 45 persen dari harga sebelumnya di pasar-pasar tradisional Wonosobo, Tanggamus.  Harga minyak goreng kemasan juga naik.

Harga cabai  rawit dan merah yang sebelumnya 30 ribu per kilogram, kini mencapai 45 ribu untuk cabai rawit dan 50 ribu untuk cabai merah. Harga minyak goreng kemasan yang sebelumnya 16 ribu per 900 mililiter, kini naik menjadi 18 ribu perkemasannya.

Sakdunah, pedagang sayuran di Pasar Wonosobo, mengatakan kenaikan harga cabai sudah 7 hingga 10 hari yang lalu. Mereka menyebut penyebabnya pasokan yang sedikit dari para petani.

Matduna, salah satu pedagang di Pasar Wonosobo, mengatakan kenaikan harga minyak goreng kemasan yang mencapai dua ribu terjadi mulai sepekan yang lalu. Dari bernilai Rp16 ribu, kini sudah Rp18 ribu per 900 mililiter.

Kenaikan harga selalu membuat pasar menjadi sepi dan daya beli menurun.

Siti Komalasari, seorang ibu rumah tangga, kembali bingung membagi-bagi pos belanja. Agar tetap bisa memasak, ia mengurangi jatah cabai, meskipun akan berdampak keluhan gulai kurang pedas dari suaminya.

HARDI SUPRAPTO

0 komentar:

Posting Komentar