Senin, 02 Mei 2022

Pemuda Pasar Banjit Waykanan Pawai Obor dan Takbir Keliling

BANJIT (1/5/2022) -  Para pemuda Banjit, Waykanan, menyelenggarakan pawai obor dan takbir keliling, menyambut Idul Fitri 1443 Hijiriah. Tradisi ini sempat ditiadakan selama dua tahun terakhir karena dilarang selama pandemi covid-19.

Awalnya hanya sejumlah pemuda yang berkeliling. Namun kegiatan tersebut akhirnya diikuti oleh warga yang lain. Mereka juga menyiapkan obor dan keliling kampung, sambil mengumandangkan takbir.

Pawai obor diselenggarakan dengan berjalan kaki. Berlangsung dari pukul 20.30 dan berakhir sejam kemudian. Para pemuda dan warga kembali ke rumah masing-masing, mempersiapkan diri menyelenggarakan shalat Idul Fitri pada pagi hari.

Bayu Oktora, seorang pemuda Pasar Banjit, Waykanan, mengatakan mereka menyelenggarakan takbir keliling dan pawai obor untuk membuat keceriaan menyambut Lebaran, setelah sebulan penuh berpuasa.

Menurut pemuda itu, pawai obor dan takbir keliling sempat menghilang selama pandemi covid-19. Dari tahun ini ke tahun-tahun berikutnya, mereka ingin mengaktifkan kembali, karena meramaikan suasana kampung.

GIBRAN ALFALAH 

0 komentar:

Posting Komentar