Selasa, 01 Juni 2021

Wajah Kampung Kaliwungu Lampung Tengah di Tangan Wanita

KALIREJO (31/5/2021) – Di tangan seorang wanita, wajah Kampung Kaliwungu, Kalirejo, Lampung Tengah, berubah banyak dalam dua tahun terakhir. Sejumlah jalan menuju tempat usaha tani sudah dioderlag, memudahkan warga mengangkut hasilnya.

Warno, salah seorang warga Dusun 4, mengatakan pada Tahun 2018 jalan tersebut masih tanah. Becek di musim hujan. Tak ada kendaraan pengangkut hasil tani masuk. Warga susah menjual hasil perikanan ke luar kampung.

Lia, warga Desa Kaliwungu yang lain, mengatakan jalan memudahkan warga mengoper hasil industri apa saja saat ini. Onderlag juga mempercepat lintas dusun, apalagi di kawasan itu terdapat banyak sekolah.

Kepala Kampung Kaliwungu Siti Umi Kulsum mengakui ia memprioritaskan pembangunan infrasruktur saat menjabat. Untuk anggaran Dana Desa Tahun 2021, mereka sudah merealisasi anggaran hingga 40 persen.

Meski prioritaskan infrastruktur, Umi Kulsum tidak melupakan hal lain, seperti pembinaan PKK, pemberian insentif untuk guru PAUD dan mengaji, mengurangi 50 persen stunting, dan pembinaan kesehatan balita.

ZAINAL ARIPIN

1 komentar: