Selasa, 26 Oktober 2021

Warga BNS Tanggamus Perang Jarak Dekat dengan 14 Gajah

BANDAR NEGERI SEMUONG (26/10/2021) - Suasana mirip perang di kawasan Register 39 Tanggamus ketika warga Sinar Bangun, Bandar Negeri Semuong, mengusir belasan gajah dengan petasan, Selasa 26 Oktober 2021. Belasan rumah, persawahan, dan perkebunan porak poranda. Beberapa penduduk mengungsi.

Setidaknya 14 gajah turun dari kawasan mereka di Register 39 dalam dua hari terakhir, masuk ke kawasan marga, hingga penduduk setempat kewalahan karena mulai kekurangan logistik untuk mengusir kembali ke habitatnya.

Pada awalnya warga berusaha mengusir dengan cara pendekatan, seperti memanggilnya mbah, memintanya kembali. Namun kawanan gajah tetap masuk ke persawahan, perkebunan, dan permukiman, melasak apa saja yang mereka lewati.

Kepala Pos Blok 3 Koramil 424-02 Wonosobo Pelda M. Soleh mengatakan 14 gajah selama ini bermukim di Hutan Kawasan. Dalam tiga hari terakhir masuk mendekati permukiman. Setelah diusir, masuk lagi ke hutan lindung. Namun sejak Selasa, 26 Oktober 2021, datang lagi. Terakhir posisi ada di Talang sarwan, belakang pos Bandar Negeri Semoung.

Untuk sementara, Pelda M. Soleh meminta warga tidak berkebun di siang hari dan tidak keluar rumah pada malam hari.  Ia juga mengharapkan penduduk membuat perapian di dekat permukiman agar gajah tidak mendekat.

DEDI NOVRIANZA

0 komentar:

Posting Komentar