Rabu, 12 Januari 2022

Chikungunya Serang Warga Yukumjaya Lampung Tengah

TERBANGGIBESAR (12/01/2022) – Wabah chikungunya menyerang warga Yujumjaya, Kecamatan Terbanggibesar, Lampung Tengah, Rabu 12 Januari 2022. Perangkat kelurahan mengusulkian fogging guna memberantas nyamuk penyebar virus chikungunya.

Chikungunya mula-mula menyerang beberapa warga Lingkungan 10 Yukumjaya. Penderita memiliki keluhan sama yaitu demam, nyeri sendi, batuk pilek, badan gatal, dan keluar bintik merah. Penyakit ini sudah menyerang 25 orang dalam waktu sepekan. Sebagian sudah sembuh dengan berobat ke puskesmas atau dokter.

Kepala Lingkungan 10 Yukumjaya Budi Santoso mengatakan chikungunya terus menjangkiti warga di kawasan padat penduduk dan bantaran sungai. Penyebaran penyakit ini sudah mencapai empat RT. Chikungunya mewabah bertepatan musim hujan.

Ketua RT 34 Dede Rosada menyebut 10 warga Lingkungan 7 juga terserang chikungunya. Penderita berusia dewasa maupun anak-anak. Keluhan penderita rata-rata sama dan paling banyak merasakan panas dingin hingga gatal-gatal.

Perangkat Kelurahan Yukumjaya mengusulkan pemberantasan nyamuk penyebar virus chikungunya dengan fogging. Warga juga diminta proaktif membersihkan bak penampungan air dan tempat perkembangbiakan nyamuk.

MANSUR DAN ZEN SUNARTO

0 komentar:

Posting Komentar