Sabtu, 16 April 2022

PHDI Lampung Berkomitmen Jaga Toleransi Beragama

BANDARLAMPUNG (16/04/2022) – Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Lampung berkomitmen menjaga toleransi dan persatuan umat beragama. Semangat toleransi ini diusung dalam lokasabha IX di Hotel Emersia Bandarlampung, 16 hingga 17 April 2022.

Lokasabha (musyawarah daerah) tergelar setiap lima tahun sekali. Agenda ini memilih pengurus dan menyusun program kerja 2022-2027. Kegiatan bertema menjaga toleransi dalam bermasyarakat. Apalagi tahun 2022 telah dicanangkan sebagai tahun toleransi oleh Kementerian Agama.

Ketua PHDI Lampung Ketut Pasek mengatakan umat Hindu juga patuh kepada pemerintah sebagaimana termaktub dalam Catur Guru, yakni Guru Wasesa harus dimuliakan, dihormati, dan dipatuhi. Nilai-nilai ini mendasari umat Hindu bersama pemerintah dalam menciptakan kehidupan toleran dan damai.

Sekretaris Umum PHDI Pusat I Ketut Budiasa menghadiri lokasabha IX PHDI Lampung. Ia mengatakan moderasi beragama merupakan inti ajaran Hindu. Umat Hindu wajib moderat dalam kehidupan beragama.

Ajaran Hindu selaras dengan program Kementerian Agama yakni moderasi beragama. Dengan moderasi beragama maka sesama umat harus saling menghormati dan tidak boleh merasa paling benar.

DANDI SUCIPTO

0 komentar:

Posting Komentar