Senin, 09 Mei 2022

Jajal Wisata Air Panas di Pinggir Sungai Neki, Waykanan

BANJIT (8/5/2022) -  Tempat wisatanya seperti biasa saja, karena belum dikelola secara profesional. Tetapi jarang sekali ada tempat mandi air panas yang bersebelahan dengan sungai. Apalagi lokasinya tidak jauh pula dari sebuah air terjun.

Lokasi wisata itu bernama Pemandian Air Panas Serasan. Terletak di Kampung Juku Batu, Banjit, Waykanan. Berjarak 190 kilometer dari Bandarlampung, 48 kilometer dari Blambangan Umpu, ibu kota Kabupaten Waykanan.

Simpang jalan paling cepat ke lokasi ini dari Jalan Lintas Tengah Sumatera, Baradatu, Waykanan.  Dari samping SMAN 1 berjarak 20 kilometer. Jalan belum mulus menuju tempat ini, sebagian, bahkan, masih bebatuan.

Namun saat musim liburan Lebaran, Pemandian Air Panas Serasan menjadi salah satu favorit wisata keluarga. Mereka tertarik karena bisa mandi dua jenis sekaligus, air panas dan air sungai.

Warga juga bisa berjemur di bebatuan pinggiran Sungai Neki yang ukurannya rata-rata besar. Menikmati suara sungai yang deras, bukit yang masih alami, berkumpul di bawah pepohonan, makan bersama dengan keluarga.

Lokasi Pemandian Air Panas, memang, perlu ditata ulang, sebagian airnya keruh, banyak lumut. Tetapi sumber air panasnya jernih. Setiap warga yang datang membawa telur untuk direbus. Mereka juga memesan ikan sungai untuk dipanggang.

Fahri, salah seorang pemudik dari Jakarta, mengatakan ia sengaja berkunjung karena cerita kakek, nenek, dan orang tuanya. Sepengetahuannya lokasi pemandian air panas tersebut dulu terpiara dengan bagus.

Sebagai warga asal Waykanan, Fahri mengharapkan lokasi wisata seperti Air Panas Serasan menjadi perhatian pihak terkait, karena sekali berkunjung, wisatawan bisa berlama-lama di kawasan itu.

Pada musim Lebaran Tahun 2022, khusus untuk warga yang masih remaja, mereka tidak hanya mendatangi Pemandian Air Panas Batu Juku, tetapi juga Wisata Curup Putri Malu yang berketinggian 80 meter dan terkenal dengan keindahan airnya.

Lokasi wisata Curup Putri Malu juga menjadi tempat favorit untuk mengadakan silaturahmi atau berkumpul saat Lebaran. Mereka mandi di bawah air terjun lalu makan bersama di pinggiran.

M.A Khoirin,  kepala kampung Juku Batu,  mengatakan, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, jumlah pengunjung Wisata Curup Putri Malu dan Air Panas Serasan meningkat pada Lebaran Tahun 2022.

GIBRAN ALFALAH

0 komentar:

Posting Komentar