Sabtu, 07 Mei 2022

Kekiciran, Tradisi Silaturahmi Lebaran Lemong, Pesisir Barat

LEMONG (7/5/2022) -  Warga Lemong, Pesisir Barat, menyebut acara ini kekiciran. Adat dan budaya warga yang dllestarikan sejak warga menghuni kawasan tersebut dan diselenggarakan setiap Hari Raya Idul Fitri bersama masyarakat.

Kekiciran diselenggarakan untuk bersilaturahmi dengan warga pada saat Hari Raya Idul Fitri, terutama dengan perantau yang mudik, baik dari sekitar Pesisir Barat, Bandarlampung, atau luar Lampung, seperti Jakarta.

Pada setiap acara kekiciran, muli mekhanai sekitar pun menggelar tari-tarian khas Pesisir Barat yang diiringi oleh rebana dan lagu. Para penari berpasangan, muli dan mekhanai. Yang pria memakai baju putih dan berpeci, sedangkan wanita memakai baju khas tapis.

Muli mekhanai menggelar beberapa jenis tari, di antaranya sembah, dan jenis tari yang dimoderninasi, yang menggambarkan menaiki perahu.

Peratin Pardahaga Rpdi Rawando mendukung acara kekiciran yang diselenggarakan oleh karang taruna, karena hal tersebut mempererat silaturahmi antar warga dan perantau.

Camat Lemong M. Nursin Candra mengatakan acara kekiciran hanya di Lemong dan Pesisir Utara, Pesisir Barat.  Ia mengharapkan acar silaturahmi Lebaran tersebut terus dilestarikan.

YUAN ANDESTA

0 komentar:

Posting Komentar