Bupati Tanggamus Kukuhkan Forum Sahabat KWT

KOTAAGUNG (29/6/2022) – Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengukuhkan Forum Sahabat Kelompok Wanita Tani masa bakti 2022-2027 di Aula Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Tanggamus, Rabu 29 Juni 2022.

Pelantikan Kelompok Wanita Tani atau KWT dihadiri Kelapa Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Tanggamus Catur Agus Dewanto, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Dani Riza Efriansyah, Kepala Dinas Kominfo Edi Narimo, Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, dan Dewan Pembina Forum Sahabat KWT Sunarko.

Bupati Tanggamus berharap pengurus Forum Sahabat KWT 20 kecamatan bekerja dengan baik, bertanggungjawab, dan profesional. Forum ini bakal menjadi mitra strategis pemerintah dalam menghasilkan produk unggulan dan bahkan menembus pasar ekspor.

Tanggamus memiliki ratusan kelompok wanita tani. Bupati menginginkan kelompok wanita tangguh sesuai dengan misi Pemkab Tanggamus yaitu tangguh, agamis, mandiri, unggul, dan sejahtera. KWT Tanggamus benar-benar hebat, kreatif, penuh semangat dan inovatif dalam mewujudkan ketahanan pangan.

Pengukuhan Forum Sahabat KWT dirangkai dengan lomba menghias tumpeng non beras. Tumpeng diolah dari aneka bahan pokok seperti singkong, olahan puding berbahan alpukat, dan jenis mekanan lainnya. Tumpeng dan aneka lauk pelengkapnya merupakan makanan sehat, bergizi, dan bahan produksi sendiri.

Kelapa Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Tanggamus Catur Agus Dewanto menjelaskan pembentukan 386 kelompok wanita tani di 20 kecamatan. Beberapa kelompok sudah aktif dengan berbagai produk olahan.

Anggota kelompok wanita tani mengembangkan lahan pekarangan menajdi lumbung pangan. Program wanita tani di bawah pembinaan petugas penyuluh lapangan.

AFNAN HERMAWAN

0 comments:

Posting Komentar