Cuaca Ekstrim, Kapal Feri Tabrak Dermaga I Bakauheni

BAKAUHENI (3/7/2022) -  Kapal Feri Rajabasa 1 menabrak vender saat sandar di Dermaga 1 Pelabuhan Bakauheni, pukul 16.00, Minggu Sore, 3 Juli 2022. Nahodanya kehilangan kendali diduga karena cuaca kembali ekstrim di sekitar Selat Sunda.

Dalam video amatir yang beredar, Kapal milik PT Gunung Makmun Permai itu tidak menyandar seperti biasanya.  Bagian depan dari Feri tersebut terus mengarah lurus ke tepian dermaga, tidak berbelok sebagaimana lazimnya.

Meskipun sudah diarahkan oleh petugas pelayanan darat, KMP Rajabasa 1 tidak bisa menahan laju feri, hingga akhirnya menabrak beton dermaga, termasuk merusak salah vender, yang terbuat dari beton dan besi, di sana.

Peristiwa berlangsung cepat. Dari hasil video yang direkam seorang petugas, nakhoda KMP Rajabasa 1 dengan cepat memundurkan kembali feri, dan berhasil menyandarkannya dengan baik di Dermaga I Pelabuhan Bakauheni.

Dudys, petugas pelayanan darat Pelabuhan Bakauheni, mengatakan ia menduga KMP Rajabasa 1 menabrak vender karena nahoda salah memperkirakan arus saat cuaca sedang ekstrim di Selat Sunda. 

Ia juga menyebut peristiwa yang sama terjadi pada KMP Mabuhay saat mendarat di Pelabuhan Merak sehari sebelumnya, yang mengakibatkan dermaga di sana tidak menyediakan fasilitas kendaraan melalui bagian atas.

Dudys menyebut bodi KMP Rajabasa I tidak rusak akibat tabrakan tersebut. Seluruh penumpang juga selamat. Feri itu, malah, terus melayani penumpang, kembali ke Merak, setelah menurunkan muatan.

ROY SHANDI

0 comments:

Posting Komentar