Misteri Jasad di Irigasi Buamiaji Lampung Tengah Terungkap

GUNUNGSUGIH (27/7/2022) – Misteri penemuan jasad pria di saluran irigasi Bumiaji, Kecamatan Anaktuha, Lampung Tengah, terungkap. Pria tersebut korban pembunuhan dengan tersangka sembilan orang. Lima di antaranya sudah ditangkap Tekab 308 Polres Lampung Tengah.

Kapolres Lampung Tengah AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya mengungkap kasus pembunuhan dengan pelaku sembilan orang dalam konferensi pers di Mapolres setempat, Rabu 27 Juli 2022. Ia didampingi Kasatreskrim AKP Edi Qorinas dan Kasi Humas AKP Saidina Ally.

Jasad YL, 23 tahun, warga Dusun Induk, Desa Pemanggilan, Kecamatan Natar, Lampung Selatan, ditemukan pemancing di saluran irigasi Bedeng 3 Kampung Bumiaji, Anaktuha, Lampung Tengah, Minggu 17 Juli 2022. Ia diduga sebagai korban pembunuhan.

Hasil identifikasi tim Inafis, pemeriksaan saksi, dan olah TKP Polres Lampung Tengah mendapatkan petunjuk pelaku pembunuhan. Lima dari sembilan pelaku sudah ditangkap Tekab 308 Polres Lampung Tengah di Banten dan Jawa Barat. Tersangka berinisial TY, IB, GL, TD dan AJ.  TY merupakan otak pembunuhan. Empat tersangka lainnya masih buron.

AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya mengungkap motif pembunuhan karena salah satu pelaku sakit hati dan takut rahasianya ketahuan korban. YL mula-mula diajak TY dan kawan-kawan naik mobil Xenia silver BE 1751 AMJ menuju Tegineneng, Pesawaran, dan Bandarlampung. Satu mobil dinaiki 10 orang.

YL dituduh mencuri simcard atau nomor telefon milik TY. Tuduhan ini dibantah hingga TY dan kawan-kawan memukuli korban di depan Mall Ramayana Bandarlampung. YL tidak berdaya dan dibawa berputar-putar ke Sumur Putri, Telukbetung Utara, hingga menemui ajal.

TY dan kawan-kawan membawa jasad ke Lampung Tengah melalui rute Pringsewu, perbatasan Polsek Kalirejo, Polsek Padangratu, Kecamatan Anaktuha. Jasad akhirnya dibuang di saluran irigasi Bedeng 3 Kampung Bumiaji, Anaktuha.

Tekab 308 Polres Lampung Tengah mengungkap kasus pembunuhan YL dalam tempo tiga hari sejak penemuan jasad. Dua dari lima pelaku tertangjap merupakan residivis kasus serupa.

Kasatreskrim Polres Lampung Tengah AKP Edi Qorinas menjelaskan kronologi penangkapan lima tersangka di Banten dan Bogor, Jawa Barat. GL, TD, dan AJ diringkus ketika kabur ke Merak, Serang, Bantn. Sementara otak pembunuhan TY dan IB tertangkap di depak Terminal Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

SIGIT SANTOSO

0 comments:

Posting Komentar