Rabu, 24 Agustus 2022

Listrik Byarpet, PLN Bintuhan Kaur Digeruduk Massa

BINTUHAN (24/8/2022) – Warga Kaur menggeruduk Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan Bintuhan, Rabu 24 Agustus 2022. Aksi massa memprotes listrik byarpet setiap menjelang petang dan pemadaman listrik tanpa pemberitahuan kepada masyarakat.

Massa berunjuk rasa di depan Kantor PLN ULP Bintuhan, Kaur, dengan orasi serta menggelar spanduk dan karton. Orasi berisi protes pemadaman listrik sepihak dan semena-mena terutama bertepatan waktu sholat magrib dan jam istirahat malam hari. Pemadaman bahkan sampai keesokan hari.

Pengunjuk rasa mempertanyakan penyebab pemadaman hingga kapasitas daya listrik bagi pelanggan Kabupaten Kaur. Daya listrik bisa jadi sudah mencukupi atau masih kurang dan bahkan mungkin malah berlebih. Pelanggan meminta PLN ULP Bintuhan memberikan solusi atas kondisi listrik byarpet tersebut.

Beberapa dari puluhan massa menyampaikan orasi bergantian. Unjuk rasa diawasi aparat kepolisian di dalam maupun luar gerbang PLN. Tidak berselang lama, Manajer PLN ULP Bintuhan Sandi menemui pengunjuk rasa dan mengajak dialog di kantornya. Enam perwakilan massa diperkenankan masuk.

Perwakilan pengunjuk rasa, Ilpi Tarmawan, menyampaikan beberapa tuntutan masyarakat kepada PLN ULP Bintuhan. Pelanggan mendesak PLN memberikan jaminan pelayanan terbaik dan harga wajar. Pelanggan juga berhak mengetahui kapasitas daya listrik hingga sering terjadi pemadaman dan pelanggan tidak diberitahu.

Manajer PLN ULP Bintuhan Sandi menjelaskan gangguan pepohonan dan cuaca ekstrim sebagai penyebab pemadaman listrik. Upaya mengatasi hambatan ini perlu koordinasi dengan PLN Bengkulu. Kaur mendapat pasokan daya dari Kota Manna dan Padang Guci. Kapasitas daya listrik terpasang lebih 30 Mega Watt. Jumlah ini melebihi beban puncak wilayah Kaur.

DEDI KAPRIYANTO

0 komentar:

Posting Komentar