Minggu, 13 November 2022

Banjir Genangi Permukiman Lima Pekon Suoh, Lampung Barat

SUOH (13/11/2022) -  Setidaknya lima pekon di Kecamatan Suoh, Lampung Barat, terendam banjir, Minggu, 13 November 2022. Hujan terus-menerus sejak Sabtu, membuat tanggul  di Way Semangka jebol dan air bah memasuki permukiman warga.

Dari video-video dan status yang diunggah warga sekitar ke media sosial, banjir di sekitar Kecamatan Suoh Tahun 2022 dinilai terbesar dari sebelumnya selama belasan tahun.

Anggota DPRD Lampung Barat Sugeng Hari Kinaryo mengatakan ia mencatat pekon yang dilanda banjir terdiri dari Suoh, Srimulyo, Tanjungsari, Gunung Ratu, Tri Mekarsari. Hingga Minggu sore, air belum sepenuhnya surut.

Sugeng mencatat puluhan rumah sudah terendam sejak malam Minggu. Pagi harinya meluas ke permukiman dan fasilitas publik, seperti SMP Negeri 2 BNS. Tinggi air bervariasi, rata-rata 30 hingga 60 cm, tetapi ada juga yang semester karena lokasi rumah di dataran rendah.

Wakil Rakyat dari Dapil Suoh dan Bandar Negeri Suoh itu berharap Pemerintah memperhatikan tanggul sepanjang Way Semaka, karena rata-rata dijebol air bah.

Sebagai anggota DPRD, Sugeng mengatakan ia berinisiatif  meminta manajemen PT Teo membuka pintu bendungan untuk memperlancar aliran sungai dan mempercepat surutnya genangan dari permukiman warga.

LILIANA PARAMITA 

0 komentar:

Posting Komentar