Selasa, 15 November 2022

Jalan Poros Cukuhbalak Tanggamus Sulit Diakses

CUKUHBALAK (15/11/2022) – Jalan poros Cukuhbalak antara Pekon Kacamarga hingga Pekon Sukapadang rusak parah. Jalur lintas ini diakses kendaraan roda dua maupun roda empat karena bertabur lubang, aspal mengelupas, dan bergelombang.

Jalan poros Pekon Kacamarga—Sukapadang sepanjang tiga kilometer rusak bertahun-tahun. Tingkat kerusakan makin parah seiring makin banyaknya pelanggaran tonase atau muatan berlebihan oleh truk-truk besar pengangkut kayu. Jalan rusak diperparah dengan gerusan dan genangan air hujan.

Nyaris sepanjang jalan poros tidak berbentuk karena banyaknya lubang dengan diameter berbede-beda. Kendaraan sulit melewati jalur dengan medan naik turun dan belokan tajam mengingat sebagian besar aspal jalan mengelupas, badan jalan hancur, dan menyisakan bebatuan tajam.

Mobilitas warga dan petani Pekon Sukapadang maupun Pekon Kacamarga menjadi terbatas. Pedagang keliling sulit masuk karena rawan terguling. Angkutan hasil bumi juga rawan mengalami kecelakaan.

Warga Pekon Kacamarga maupun Pekon Sukapadang sering bergotong-royong menutup lubang dan membersihkan aliran pembuangan air. Namun, jalan cepat tergerus air hujan dan kembali menyisakan bebatuan tajam atau lubang menganga.

Warga mendesak Pemprov Lampung mempercepat perbaikan jalan poros Cukuhbalak ruas Kacamarga—Sukapadang demi kelancaran lalu-lintas dan kenyamanan aktivitas perekonomian.

MAULANA AS

0 komentar:

Posting Komentar