Senin, 07 November 2022

Satu Jalur KA Lampung - Sumatera Selatan Mulai Normal

BEKRI (7/11/2022) -  PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional IV Tanjungkarang memastikan jalur kereta api Lampung – Palembang dan Muara Enim, Sumatera Selatan, normal kembali, Selasa, 8 November 2002, sehari setelah dua kereta api babaranjang adu kepala di Stasiun Rengas, Bekri, Lampung Tengah,  pukul 02.25, Senin Dinihari, 7 November 2022.

Humas PT KAI Tanjungkarang Jaka Jarkasih mengatakan, secara teknis, jalur dua di stasion Rengas Bekri, tersebut sudah bisa dilewati pada pukul 19.00, malam Selasa, namun hanya untuk kereta api barang, bukan penumpang.

Meskipun sudah bisa dilewati di jalur dua, Jaka Jarkasih menyebut PT KAI masih menutup jalur satu di stasion Rengas, Bekri, karena di sana masih terdapat sejumlah gerbong, yang terguling akibat tabrakan.

Adu kepala pukul 02.25 Senin Dinihari, PT KAI mulai mengevakuasi sejumlah gerbong yang melintang di jalur satu sejak pukul 10.00 dan berhasil membersihkannya 14.00 atau empat jam kemudian.  Para petugas, kemudian, menormalisasi rel.

Jaka Jarkasih mengakui pembersihan tahap pertama Stasion Rengas dilakukan dengan manual, memakai dua eksavator dan sebuah lokomotif.  Setelah bisa dilewati kereta barang dan penumpang, perbaikan tahap kedua yang lebih komprehensif dilakukan oleh tim khusus.

Dua Kereta api Babaranjang pengangkut batubara adu kepala di Stasiun Rengas, Bekri, Lampung Tengah, pukul 02.25 Dinihari, Senin, 6 November 2022. Adu lokomotif terjadi karena kereta babaranjang nomor 3031A dari arah Bekri dan kereta nomor 3056A dari Tegineneng sama-sama masuk jalur yang sama di Stasiun Rengas.

Empat orang dilarikan ke Rumah Sakit Urip Sumoharjo akibat tabrakan tersebut. Mereka masing-masing dua masinis dan dua asisten.

Humas PT KAI Tanjungkarang Jaka Jarkasih menyebut pihaknya belum mengetahui penyebab sebenarnya kedua lokomotif bertabrakan, karena petugas penjaga maupun masinis masih shock atau dirawat di rumah sakit.

SIGIT S

0 komentar:

Posting Komentar