KH Sobri Ponpes Yasmida Ambarawa Pringsewu Berpulang

PRINGSEWU (23/1/2023) -  Ribuan warga melayat dan mengantar K.H. Sobri Dinal Mustofa, pengasuh Pondok Pesantren dan Yayasan Yasmida, Ambarawa, Pringsewu, ke tempat peristirahan terakhir pada Senin, 23 Januari 2023. Kiai kondang itu berpulang saat dirawat di RS Surya Asih, kabupaten setempat, malam harinya.

Sejak subuh, kaum Muslim dari berbagai pelosok silih berganti melakukan ziarah. Sejumlah petinggi dan mantan petinggi juga tampak hadir. Mereka bergantian menyolatkannya, sebelum dimakamkan di sekitar ponpok pesantren pukul 10.00 pagi.

Lahir di pada 27 Agustus 1962 yang lalu atau kini berusia lebih dari 60 tahun, K.H. Sobri meninggalkan seorang isteri, Ani Fitriani,  dan tiga anak, masing-masing Vela, Baiti, dan seorang lagi sedang kuliah di Kairo, Mesir.

Almarhum Alumni Pondok Pesantrem Al-Munir Krapyak Yogyakarta. Ia juga mengenyam pendidikan di IAIN Sunan Kalijaga, Yogjakarta, sebelum memutuskan merantau ke Lampung, merintis Pondok Pesantren Yasmida pada Tahun 1998.

Nasiman, warga Ambarawa, Pringsewu, menyebut K.H. Sobri sebagai panutan warga sekitar. Almarhum diterima oleh berbagai kalangan, termasuk mereka yang tidak beragama Islam.

Koesroni, kerabat almarhum, menyebut K.H. Sobri sebagai tokoh pendidikan yang tidak mengenal lelah. Santrinya kini menyebar di seluruuh Lampung, bahkan sebagian di antaranya merantau atau melanjutkan karier dan pendidikan di luar Sumatera.

MUSPIYAN AGUNG 

0 comments:

Posting Komentar