Sidang Suap Unila: Petinggi Kemendikbudristek juga Main Titip

BANDARLAMPUNG (9/2/2023) -  Sidang Perkara suap masuk Unila, Kamis, 8 Februari 2023, di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang, Bandarlampung, kembali mengungkap banyak titipan, salah satu di antaranya untuk meluluskan anak petinggi Kemendikbud.

Titipan itu diungkap saksi Hero Sateian Arif dari Unila. Ia, kemudian, menyebut menyampaikannya kepada Wakil Rektor I Heryandi. Namun, ia  menyebut tidak mengetahui apakah pesanan Petinggi Kemendikbud itu lulus atau tidak di Fakultas Kedokteran.

Selain Kabiro Akademik Kemahasiswaan Hero Satelan, Tim Jaksa Penuntut Umum KPK menghadirkan lima saksi lain, di antaranya dari Unila, Entis Sutisna Halimi dan Ketua Jurusan Teknik Geofisika Fakultas Teknik Aras Mulyadi.

Sidang juga menghadirkan Direktur Eksekutif LTMPT Kemenristek Dikbud, Wildan Maulana, yang juga Sekretaris Eksekutif BKS PTN Wilayah Barat,  Operator IT dan Staf Sekretariat LTMPT Kemenristekdikbud, Dosen Universitas Sriwijaya Nandi Haerudin.

Saat menghadirkan Rektor Unsri Palembang, Budi Prasetyo W, Majelis Hakim menyoroti soal afirmasi, yang seolah-olah memprioritaskan keluarga atau kerabat rektor atau dosen masuk perguruan tinggi negeri.

Sidang  dipimpin oleh Hakim Ketua Lingga Setiawan dan Achmad Rifai,  dengan hakim anggota Edi Purbanus, Aria Veronica, dan Efianto D.

DIYON SAPUTRA

0 comments:

Posting Komentar