Ribuan Warga Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Lampung Tengah

SEPUTIH RAMAN (12/3/2023) -  Ribuan warga Seputih Raman tumplak di Lapangan Merdeka, Kampung Rukiharjo, Seputih Raman, menyaksikan Pawai Ogoh-Ogoh, yang diselenggarakan umat Hindu Bali untuk menyambut Peringatan Nyepi dan Tahun Saka, Minggu 12 Maret 2023.

Sempat ditiadakan selama pandemi covid-19, Pawai Ogoh-Ogoh menjadi gelaran budaya yang menarik warga Seputih Raman karena disuguhkan dengan serius oleh setidaknya 25 peserta dewasa dan 5 anak.

Gelaran Pawai mulai menarik perhatian warga saat memasuki Lapangan Merdeka Rukiharjo. Tiga Ogoh-ogoh diusung oleh peserta dengan diiringi musik gamelan khas Bali.

Setelah upacara dibuka, Ogoh-Ogoh kembali diusung keliling lapangan. Panitia terpaksa berulang kali membuat pengumuman agar warga tidak ke arena, karena banyak yang hendak selvi atau merekam video.

Ketua Penyelenggara Ogoh- Ogoh Seputihraman,  I putu Eko Susandi, mengatakan  parade kali ini kreativitas tim kreator muda Umat Hindu.

Bupati Musa Ahmad  menyatakan gembira melihat Pawai Ogoh-Ogoh menjadi agenda budaya yang diminati oleh warga Lampung Tengah. Ia berencana akan menyertakan event ini dalam APBD Pemerintah Kabupaten.

SIGIT SANTOSO

0 comments:

Posting Komentar