11 Calon Kepala Pekon Terpilih 2023 di Tanggamus

KOTAAGUNG (30/5/2023) -  Pemilihan Kepala Pekon serentak Tanggamus berlangsung sukses dan damai, Rabu, 30 Mei 2023. Sebelas dari 41 calon terpilih memimpin, mulai dari Suyatno di  Air Kubang, Air Naningan, Asna Riza di  Banjarmanis, Cukuh Balak.

Masih di Cukuh Balak, Taflihan Adila memperoleh suara terbanyak di Pampangan, Ahmad Zazani di Pekondoh, Apriyadi di Sukapadang, dan Irwansyah di Tanjung jati.

Di Pekon Kelungu, Kotaagung, suara terbanyak diraih Diana Sari, H. Syaefullah di Kalimiring, Kotaagung Barat, Ramadhan di Tanjung Agung, Pugung, Suratmin di Sudimoro, Semaka,  dan Zainal Abidin di Ngarip, Ulubelu.

Pekon Air Kubang, Air Naningan, Suara terbanyak Suyatno 898, diikuti Radiyono 657, Mujiono 319, Mulyadi 269, Totok Zussyana 186.

Pekon Banjarmanis, Cukuh Balak, Suara Terbanyak Asna Riza 205, diikuti Zainuddin 201, Fakhrudin 160, Zarkhizi 124, Dedi Kurniawan 95.

Pekon Pampangan, Cukuh Balak, Suara Terbanyak Taflihan Adila 236, diikuti Faizar Ilmi 146, Udin Fahrudin 143, Suhaini 117.

Pekon Pekondoh, Cukuhbalak, Suara Terbanyak Ahmad Zazani 521, diikuti Ahmad Ridho 482, Hamami 244.

Pekon Sukapadang, Cukuhbalak, Suara Terbanyak Apriyadi 231, diikuti Tahzani Ahmad Sanwani 177, Mat Roni 99.

Pekon Tanjungjati, Cukuhbalak, Suara Terbanyak Irwansyah 85, incumbent, diikuti Supianto 83, Sofa Ali 60.

Pekon Kelungu, Kotaagung, Suara Terbanyak Diana Sari 281, diikuti Dulmannan 186, Mat Anwar 121.

Pekon Kalimiring, Kotaagung Barat, Suara Terbanyak H. Syaefullah 533, diikuti Tanzili Yusuf 228, Ilham Hafiqi 165, Arfan 67.

Pekon Tanjung Agung, Pugung, Suara Terbanyak Rahmat Ramadhan 949, diikuti Meizi Trie Patra 523, H. Nur Aini 516.

Pekon Sudimoro, Semaka, Suara Terbanyak Suratmin 585, diikuti Wakijan 447, Puspi Riyanti 283, Sukiban 240.

Pekon Ngarip, Ulubelu, Suara Terbanyak Siswanto 1.412, diikuti Zainal Abidin 1.245, Rio Setiajit 519, Sudarmono 340.

Partisipasi warga cukup tinggi di 43 TPS yang disediakan di 11 pekon dan 7 kecamatan. Di Cukuh Balak, penduduk hadir sejak pagi di lima pekon yang mengadakan pemilihan. Demikian juga di Pugung, Kotaagung, dan Kotaagung Barat.

Kapolsek Cukuh Balak Ipda Setiawan mengatakan pihaknya lega pada siang hari setelah memastikan pelaksanaan pemilihan lima kepala pekon berlangsung lancar. 

Dua Kepala Pekon dengan suara terbanyak, Irwansyah dari Tanjungjati dan Apriyadi dari Sukapadang, mengucapkan terimakasih kepada para pemilihnya. Ia berharap warga tidak lagi terpecah karena pemilihan.

Kepala Dinas PMD Tanggamus Arpin mengatakan partisipasi warga dalam mengikuti pemilihan kepala pekon cukup tinggi. Ia juga memuji persiapan panitia sesuai peraturan, petunjuk, dan sosialiasi selama ini.

Yang mengejutkan Arpin, sejumlah panitia berkreasi dalam berpakaian, hingga mengundang perhatian warga berduyun-duyun datang. Di Ngarip, Ulubelu, misalnya, panitia memakai pakaian Jawa, wanita berkebaya. Sedangkan di Air Kubang, Air Naningan, memakai seragam putih, dengan peci dan sarung khas tapis Lampung.

Yang menggembirakan, banyak dari usia lanjut mengikuti pemilihan kepala pekon. Meskipun mereka harus dibantu untuk berjalan atau perlu mendamping saat mencoblos, semangat penduduk berusia tua sangat tinggi.

Generasi muda juga umumnya berdatangan untuk memilih kepala pekon mereka, dengan memprioritaskan warga yang lebih tua. 

Kadis PMD itu juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi aktif petugas keamanan, mulai dari jajaran Polri dan TNI, yang ikut menjaga perhelatan pekon itu, berjalan dengan sukses dan damai.

Kekompakan panitia pekon, kecamatan, Polri, dan TNI, bagi Arpin, merupakan kerja tim atas dasar evaluasi dari pemilihan sebelumnya, sehingga satu per satu kesalahan berhasil dikurangi dan pelayanan untuk warga yang hendak mencoblos lebih maksimal.

Arpin mengharapkan pelaksanaan pemilihan kepala pekon  ketiga di masa kepemimpinan Hajjah Dewi Handajani berlangsung mulus, tidak ada sengketa, seperti pada pemilihan sebelumnya.

Bupati Tanggamus Hajjah Dewi Handajani bersama Wakil Bupati Haji AM Syafii, Kapolres, Dandim, Kejati, dan Kepala Dinas PMD Arpin mengecek pelaksanaan pemilihan kepala pekon di Ngarip, Ulubelu, dan Air Kibang, Air Naningan. 

Selain bercengkerama dengan warga, rombongan Hajjah Dewi Handajani juga menyalami para calon kepala pekon, yang diikuti Wakil Bupati dan Forkopimda.

Kepala Daerah yang kerap dipanggil dengan Bunda Dewi itu mengharapkan para calon dan simpatisan yang kalah legowo, bergabung dengan yang memperoleh suara terbanyak, untuk membangun pekon masing-masing.

Dewi  Handajani juga mengharapkan Kepala Pekon terpilih bisa membantu Pemerintah Kabupaten dalam membangun Tanggamus yang lebih baik ke depan.

AFNAN HERMAWAN, YUNADA, DAN MAULANA

0 comments:

Posting Komentar