Selasa, 26 Oktober 2021

Pantun Sandiaga Uno di Festival Sekala Bekhak Lampung Barat

LIWA (25/10/2021) -  Cuaca dingin Liwa menjadi hangat, Senin 25 Oktober 2021, ketika Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Shalahudin Uno menutup Festival Sekala Bekhak secara virtual. Hadir juga di sana Gubernur Lampung  dan Anggota DPR RI Mukhlis Basri.

Sandiaga Uno sampai melantunkan pantun saat penutupan Sekala Bekhak, yang menjadi satu-satunya Festival mewakili Provinsi Lampung dalam event besar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Festival Sekala Bekhak berlangsung di Taman Wisata Kebun Raya Liwa dan merupakan event ketujuh sejak dihelat. Selain Menteri dan Gubernur, hadir langsung Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Mad Hasnurin, Sekda, Ketua DPRD, perwakilan Disporapar Lampung, dan Lembaga adat Melayu Provinsi Jambi.

Karena masih pandemi covid-19, festival digelar secara hybrid concept, perpanduan offline dan virtual. Selain siaran langsung di Kanal Youtube Pariwisata Lampung Barat, acara saksikan di Videotron Tugu Kayu Ara, Liwa.

Secara umum  gelaran festival tampil memukau,  mulai dari pembukaan tarian sembah batin, tari sakura, orkes gambus, tarian nyambai, sekura cakak buah, dan tari marok.

Kabid Pemasaran dan Promosi Pariwisata Lampung Melia Ayunda mengapresiasi Festival Sekala Bekhak sebagai satu-satunya acara mewakili Lampung.

Kepala Dinas Pariwisata Lampung Barat Tri Umaryani mengatakan rangkaian Festival Sekala Bekhak sudah dimulai pada minggu ketiga Agustus.

Peninjau wisata Hasan Basri, wakil Ketua Lembaga Adat Melayu Provinsi Jambi, mengatakan ia surprise atas acara tersebut dan bermaksud mengundang Lampung Barat dalam acara helat budaya mereka pada akhir tahun ini.

Itu sebabnya Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus mengatakan Festival Sekala Bekhak pada tahun 2022 harus lebih lebih meriah. Kabupaten ini berhasil meningkatkan pariwisata lewat potensi alam, dengan terus melestarikan adat dan  budaya.

LILIANA PARAMITA

0 komentar:

Posting Komentar