Minggu, 26 Desember 2021

Jalan Putus dan Ratusan Rumah Terkena Banjir di Tanggamus

KOTAAGUNG (26/12/2021) - Banjir bandang dan longsor di Cukuh Balak dan Kelumbayan Barat, Tanggamus, Sabtu sore dan malam Minggu, 25 Desember 2021, sempat memutus jalan seharian dan berdampak terhadap ratusan rumah.

Kawasan terparah terdampak akibat banjir bandang terjadi di Pekon Pertiwi, Cukuh Balak, Pekon Sukapadang, Pekon Gedung Tanjung Jati, Tanjung Raja, dan Way Rilau. Air bah turun dari gunung, mengalir seperti sungai ke permukiman warga.

Di Kelumbayan, jalan putus dari kawasan tersebut menuju Kelumbayan Barat. Tanah bukit menimpa jalan, hingga tidak bisa dilalui sampai pagi. Tim gabungan TNI, Polri, BPBD, dan pamong setempat bekerja keras membersihkannya, hingga bisa dilewati di sore hari.

Kepala BPBD Tanggamus Edi M. Toha mengatakan setidaknya 261 rumah terdampak banjir dan longsor. Ketinggian air antara satu hingga dua meter. Paling terdampak 147 rumah di di Sukapadang, 30 di Sukaraja, 35 di Banjarnegeri, 20 di Tanjungraja,35 di Kejadian, 15 lainnya di Pekon Way Rilay.

Selain rumah, banjir juga menyapu sawah dan perkebunan warga. Banyak dari tanaman masyarakat mengalami puso.

Pemkab Tanggamus, lewat BPBD, Ketua Apdesi Mulkan, Kelapa Pekon Gedung Iqbal, dan petugas lainnya turun ke lapangan mendata dampak banjir di sejumlah pekon di kawasan pesisir Kabupaten Tanggamus. Mereka juga mendirikan posko kesehatan.

Pembersihan jalan arah Kelumbayan Barat di Pekon Lengkukai dipimpin Danposramil Peltu Adi Yusdin dan Camat Mansyurin. Bukit runtuh menimpa jalanan sekitar pukul 18.30. Petugas gabungan mulai bekerja sejak pagi dan sudah bisa dilewati roda empat sejak sore.

Danposramil Kelumbayaran Barat Peltu Adi Yusdin Danposramil  mengatakan banjir dan longsor akibat tingginya intensitas hujan sejak siang.

Camat Kelumbayan Barat Mansyurin mengharapkan warga lebih berhati-hati pada musim hujan ini, terutama melewati daerah longsor.

Kapolsubsektor Kelumbayan Ipda Joko Wahyudi mengatakan jalan yang terputus sudah bisa dilewati kendaraan roda empat sejak sore, setelah Pemkab Tanggamus mengirim eksavator menggusur tanah dari jalan.

MAULANA AS DAN YUNADA 

0 komentar:

Posting Komentar