Rabu, 27 April 2022

Pemudik dari Pulau Jawa Mulai Serbu Pulau Sumatera

MERAK (26/4/2022) -  Puluhan ribu pemudik dari Pulau Jawa mulai masuk Sumatera sejak Selasa Sore dan malam Rabu, 26 April 2022. Keramaian kendaraan roda dua dan empat begitu terasa di Pelabuhan Merak. Suara kelakson pun riuh karena umumnya ingin cepat masuk kapal.

Dua tahun sepi karena pandemi covid-19, peningkatan mulai tampak sejak minus H-10, Jumat 22 April 2022. Jumlah kendaraan dan penumpang rata-rata setiap hari naik seratus persen dibandingkan hari biasa.

Hingga Senin, 25 April 2022, total penyeberang dari Merak ke Pelabuhan Bakauheni sudah mencapai 161 ribu penumpang dan 39 ribu kendaraan. Dari data yang diperoleh Humas ASDP Merak dan Bakauheni, jumlah tersebut meningkat seratus persen.

Melonjaknya penyeberang sangat terasa sejak Selasa Siang. Seluruh dermaga di Merak dipenuhi oleh kendaraan yang hendak masuk kapal. Mereka antre dari pintu masuk dan buru-buru masuk kapal setelah lewat toll gate.

Keramaian pemudik yang memakai sepeda motor juga mulai tampak. Petugas ASDP Merak mengerahkan mereka masuk ke dalam kapal khusus, meski sebagian juga bercampur dengan kendaraan jenis lain.

Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno mengunjungi Pelabuhan Bakauheni, Selasa Siang, 26 April 2022. Ia menyebut lonjakan penyeberang sudah 150-an persen dan memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 28 dan 29 April, karena hari libur telah dimulai.

Irjen Pol Hendro mengatakan Polda mendirikan 88 pos dan 4.008 personal di Lampung untuk mengantisipasi arus mudik Tahun 2022, meskipun pekerjaan berat petugas di provinsi tersebut akan terjadi pada arus mudik yang ia perkirakan berlangsung dari tanggal 5 hingga 7 Mei 2022.

Khusus pengendara motor, Kapolda mengatakan telah menginstruksikan Dirlantas mengawal, sepanjang para pemudik berkumpul di suatu tempat, untuk memudahkan pengawalan mereka antar kota, kabupaten, atau provinsi.

ROY SHANDI

0 komentar:

Posting Komentar