Sabtu, 18 Juni 2022

Warga Membeludak Ikuti Jalan Sehat HUT Lampung Utara

KOTABUMI (17/6/2022) -  Ribuan warga Kotabumi tumpah ke jalan raya protokol setempat, Jumat, 17 Juni 2022, mengikuti jalan sehat, senam massal, dan bersepeda santai. Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Lampung Utara ke-76.

Setelah dua tahun tanpa penyelenggaraan olahraga massal, warga Kotabumi yang mengikuti jalan sehat dan senam membludak. Panitia pun kewalahan membagikan kupon, karena yang disediakan terbatas.

Jalan sehat, senam massal, dan bersepeda santai dalam rangka memperingati HUT Lampung Utara ke-76 dibuka oleh Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo. Ia didampingi Wakil Bupati Ardian Saputra, dan Ketua DPRD Romli.

Pelepasan peserta sepeda santai dimulai dari pintu gerbang kantor Pemkab Lampung Utara pada pukul 06.00. Para pesertanya banyak dari unsur forkopimda, seperti Kapolres Lampung Utara AKBP Kurniawan Ismail, Dandim O412 Letkol Inf Andi Sultan, Sekretaris daerah Lekok,  dan sejumlah kepala dinas.

Setelah sepeda santai, Bupati juga melepas peserta jalan sehat. Di barisan depan tampak Ketua PKK Lampung Utara Nur Endah Sulastri, Devriyana Mirda, isteri Wakil Bupati Ardian Saputra,  dan para istri forkopimda, kepala OPD, dan instansi lainnnya.

Berbaur dengan mereka ribuan warga dari berbagai kalangan. Seperti memiliki semangat baru peserta emak-emak menyanyikan lagu-lagu kebangsaan saat melewati sejumlah jalan protokol di Kotabumi.

Selain karena tidak ada lagi larangan berkumpul, membeludaknya peserta juga karena jalan sehat diselenggarakan berhadiah. Sejumlah anggota Satpol PP Lampung Utara membagikan kupon di jalan. Peserta yang lebih dulu tiba umumnya dapat, namun yang belakangan tidak lagi kebagian.

Begitu peserta jalan sehat dan sepeda santai tiba di halaman Pemkab Lampung Utara pada pukul 08.00, senam sehat dimulai, yang diikuti ratusan warga. Tampak Sekretaris Daerah Lekok dan Ketua DPRD Romli berada di bagian depan emak-emak yang umumnya lincah mengikuti irama dan instruktur.

Senam sehat menghabiskan sejumlah lagu remix dan ratusan peserta, yang umumnya terdiri dari emak-emak, mengikuti hingga selesai. 

Acara paling ditunggu warga adalah pengumuman pemenang doorprize jalan sehat berhadiah utama sebuah sepeda motor dan puluhan paket lainnya. Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo mengundinya dan dimenangkan Eka, karyawan dari Dinas Pertanian kabupaten setempat.

Peringatan ulang tahun ke-76 Lampung Utara juga dilaksanakan dengan pemotongan tumpeng, yang diselenggarakan di halaman Pemkab. Bupati H. Budi Utomo menyerahkan potongan pertama kepada Kapolres AKBP Kurniawan Ismail, dan potongan kedua kepada Dandim 0412 Letkol Inf Andi Sultan.

Ditemani Wakil Bupati Ardian Saputra dan Forkopimda, Bupati H. Budi Utomo juga melepas sejumlah balon ke udara. Dalam sejumlah balon yang dilepas terdapat voucher bernilai masing-masing 500 ribu rupiah.

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Utara Budi Utomo mengatakan jalan sehat, sepeda santai, dan senam masal merupakan simbol perekat kebersamaan Pemerintah dan masyarakat.  Ia mengharapkan momentum tersebut sekaligus menggelorakan semangat persatuan dan pola berkehidupan sehat.

Budi Utomo mengatakan peringatan ulang tahun ke-76 Lampung Utara bersama masyarakat pada Tahun 2022 tidak lepas dari melandainya pandemi covid-19. Namun, ia mengingatkan warga tidak berarti lepas kontrol dari menjaga kesehatan.

Bupati Lampung Utara juga mengharapkan ramai peserta jalan sehat merupakan tanda perbaikan semangat warga, yang mengarah ke perbaikan ekonomi di masa mendatang

ADI SUSANTO

0 komentar:

Posting Komentar