Bappeda Lampung Tengah Tinjau Kampung Baznas

ANAKTUHA (12/7/2022) – Tim Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung Tengah meninjau bedah rumah program Kampung Baznas di Kampung Ajitua dan Tanjungharapan, Kecamatan Anaktuha, Selasa 12 Juli 2022.

Kampung Ajitua dan Tanjungharapan masing-masing memperoleh bantuan bedah rumah 10 unit dari program Baznas. Program ini menyasar rumah tidak layak huni.

Lampung Tengah tahun ini memprogramkan bedah rumah sebanyak 250 unit menggunakan dana APBD murni, 103 unit rumah dana APBN dengan pendamping APBD, dan 130 unit rumah program Baznas. Bupati Lampung Tengah sudah membentuk 12 Kampung Baznas Berjaya meliputi 11 kecamatan termasuk Kampung Ajitua dan Tanjungharapan di Kecamatan Anaktuha.

Ali, warga Kampung Tanjungharapan, berterima kasih menerima bedah rumah dari program Kampung Baznas. Pria berusia 56 tahun ini sebelumnya tinggal di rumah berdinding tripleks. Keluarganya dihantui ketakutan setiap musim cuaca buruk karena hujan deras dan angin kencang menerobos rumah.

Kepala Bappeda Lampung Tengah Rusmadi mengungkap target bedah rumah sampai tahun 2024 mencapai 1.000 unit. Program ini didukung dana APBD, APBN, dan Baznas. Khusus bedah rumah tahun 2022 total 438 unit meliputi Baznas 130 unit, APBD 150 unit, dan APBN 103 unit.

Anggaran bedah rumah APBD senilai Rp17,5 juta per unit. Sementara bedah rumah menggunakan dana APBD sebesar Rp35 juta per unit terdiri Rp20 juta APBN dan Rp15 juta dana pendamping APBD.

Kepala Bidang Infrastruktur Bappeda Lampung Tengah Bahdan Perelo Indrapati menilai program bedah rumah Baznas di Kampung Ajitua dan Tanjungharapan telah tepat sasaran. Penilaian ini berdasarkan peninjauan tim Bappeda bersama Baznas.

SIGIT SANTOSO

0 comments:

Posting Komentar